Pengguna aplikasi HandBrake untuk Mac perlu waspada jika baru-baru ini mengunduh dan menginstalasikannya

Pembuat aplikasi konversi video terkenal bernama HandBrake memperingatkan penggunanya untuk waspada jika baru-baru ini (antara tanggal 2 Mei sampai dengan 6 Mei) mengunduh aplikasi HandBrake. Hal tersebut dikarenakan salah satu server mirror tempat mengunduh file HandBrake ternyata sempat di-hack, sehingga beberapa file instalasi sudah disusupi oleh sebuah trojan. Hanya HandBrake versi Mac yang terpengaruh oleh permasalahan ini, sementara versi Windows dan Linux tidak terpapar. Bagi mereka yang sudah terlanjur mengunduh file instalasinya, sangat dianjurkan untuk memeriksa keaslian file nya dengan menjalankan Checksum SHA-1 ataupun SHA-256.

Jika pembaca sudah menginstalasikannya pada komputer Mac pembaca, maka dapat diperiksa melalui aplikasi Activity Monitor. Perhatikan apakah sebuah program bernama “Activity_agent” ada dan aktif, jika ya, maka trojan sudah terinstall pada Mac pembaca. Segera ganti semua password yang terdapat pada OSX KeyChain serta password pada setiap browser.

Pihak HandBrake lebih lanjut menyebutkan bahwa mereka sudah mematikan server mirror yang terinfeksi tersebut dan akan menginstalasikan ulang servernya tersebut dari awal. Hal ini berpotensi pada lambannya proses pengunduhan file instalasi HandBrake karena kini hanya bergantung kepada server unduh utama.

Aplikasi konverter video HandBrake terbilang populer karena bersifat cuma-cuma dan dapat mengkonversikan berbagai macam video untuk disesuaikan kepada gadget yang akan memutarkan video tersebut. HandBrake tersedia untuk berbagai platform PC, seperti Windows, Linux, serta Mac.

Untuk pembaca yang sudah memasang HandBrake versi Mac yang terpapar trojan, pembaca dapat menghapusnya dengan perintah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Terminal, kemudian jalankan perintah berikut:
    • launchctl unload ~/Library/LaunchAgents/fr.handbrake.activity_agent.plist
    • rm -rf ~/Library/RenderFiles/activity_agent.app
    • if ~/Library/VideoFrameworks/ contains proton.zip, remove the folder
  • Kemudian hapus semua file HandBrake.app yang sudah berada pada hard disk

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s