Malware Persirai menginfeksi lebih dari seratus ribu IP-camera yang dibuat di China

Trend Micro dalam laporannya menyebutkan bahwa lebih dari 120 ribu IP-camera yang dibuat di China ternyata memiliki celah keamanan yang telah diinfeksi oleh sebuah malware yang disebut dengan Persirai. Malware tersebut akan memanfaatkan TCP Port 81 untuk dapat masuk ke sistem operasi di dalamnya. Jika sudah berhasil masuk, maka seorang hacker dapat membuat kamera tersebut terhubung dengan server tertentu untuk mengunduh dan menjalankan perintah script yang berbahaya. IP Camera yang sudah terinfeksi ini kemudian akan juga menyerang IP Camera sejenis yang terhubung dengan jaringan intranet maupun internet.

Malware Persirai terbilang cepat menyebar karena sebagian besar pembeli IP Camera tidak pernah berusaha mengamankan sistem kameranya, bahkan kemungkinan besar, username dan password nya pun masih default. Terlebih lagi, kebanyakan IP Camera menggunakan sistem uPnP (Universal Plug and Play) untuk mempermudah proses instalasi, namun ini justru membuatnya juga menjadi target mudah bagi malware yang dirancang khusus untuk IoT.

Jika pembaca merupakan pengguna IP Camera, sebaiknya pastikan bahwa pembaca sudah merubah password defaultnya menjadi password yang lebih sulit ditebak. Lalu pastikan juga untuk sesekali memeriksa ke situs pembuat kamera untuk mengunduh firmware terbaru.

(sumber: The Inquirer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s