Toyota memilih Nvidia sebagai ‘otak’ mobil pintarnya nanti

Perlombaan dalam membuat mobil otonom pintar terbilang cukup ketat, dimana Google, Uber, Apple, Tesla, dan beberapa pabrikan mobil besar lainnya sibuk melakukan ujicoba mobil otonom nya masing-masing. Mobil pintar diperkirakan akan menjadi pasar baru yang menggiurkan dalam beberapa tahun kedepan. Maka tidak heran jika vendor-vendor hardware dan software yang mendukung menjadi “pintar” nya sebuah mobil tidak kalah sengitnya berlomba memperebutkan marketshare. Nvidia dan Intel merupakan dua dari banyak vendor yang serius dengan teknologi ini. Namun untuk sementara ini, Nvidia sepertinya berada di atas angin, karena solusi hardware mereka sudah mulai banyak diadopsi oleh pabrikan mobil ternama, seperti Audi dan Tesla.

Baru-baru ini, angin segar kembali menerpa Nvidia dengan dipilihnya mereka sebagai pemasok teknologi hardware untuk mobil-mobil pintar Toyota dalam beberapa tahun mendatang. Toyota akan menggunakan platform Drive PX milik Nvidia yang pastinya sudah dilengkapi dengan teknologi yang lebih up-to-date nantinya.

Modul Drive PX 2 – nvidia.com

Dengan sistem yang dimiliki Nvidia, maka mobil-mobil pintar Toyota akan memiliki kapabilitas autopilot dimana sistem akan mengambil alih kemudi untuk rute-rute reguler seperti dari rumah ke kantor ataupun sebaliknya. Selain itu, sistem Nvidia akan memiliki berbagai macam fitur keselamatan dimana, sebagai contoh, mobil akan berhenti secara otomatis jika ia mendeteksi bahwa pengemudi nya akan melewati perempatan ketika lampu lalu lintas masih merah.

Di luar negeri sana, mobil pintar mungkin dapat diimplementasikan dalam waktu tidak begitu lama, bagaimana dengan di Indonesia? dengan kesemerawutan lalu-lintas yang parah, seharusnya para vendor tersebut menguji-coba mobil nya justru di kota-kota besar di Indonesia, setuju? 🙂

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s