Google membalas: Cloud TPU kami lebih cepat 50% dibandingkan Nvidia Tesla V100

Dalam beberapa bulan belakangan ini persaingan Google dan Nvidia dalam hal hardware pemrosesan kecerdasan buatan (Inference dan Machine Learning) semakin terlihat. Google mengawali nya dengan menyebutkan bahwa TPU generasi awal mereka bekerja 30x lebih cepat daripada sebuah GPU berbasis Kepler (Tesla P40) dari Nvidia. Mendengar pernyataan seperti itu, Nvidia membalasnya dengan mengatakan bahwa Kepler adalah GPU generasi lama, sedangkan Tesla P100 mereka masih lebih jauh lebih cepat daripada TPU milik Google. Nvidia juga menyebutkan bahwa TPU Google hanya memiliki kemampuan untuk Inference dan bukan Machine Learning.

Kini saat nya Google kembali membalas. Cloud TPU terbaru milik Google sekarang sudah memiliki senjata yang lebih ampuh. Selain lebih cepat, Cloud TPU juga kini memiliki kemampuan melakukan komputasi floating point yang berarti ia dapat juga digunakan untuk tugas tugas Machine Learning. Cloud TPU mampu memproses data floating point FP16 sampai dengan 180 teraflops. 6x lebih cepat daripada apa yang dicapai oleh GPU Nvidia Tesla V100 terbaru.

Canggihnya, Google mendesain Cloud TPU untuk dapat dikembangkan dengan menggabungkan 64 unit Cloud  TPU sebagai satu kesatuan untuk mencapai kecepatan proses sampai dengan 11,5 petaflops.

Sungguh kecepatan yang luar biasa, jangan heran jika perkembangan kecerdasan buatan saat ini begitu fenomenal. Kita tunggu saja apa jawaban Nvidia mengenai tantangan dari Google ini.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s