Malware baru bernama EternalRocks memanfaatkan 7 celah keamanan Windows

Ransomware WannaCrypt (a.k.a WannaCry) membuat heboh dunia karena menyebar dengan masif dengan waktu relatif singkat. WannaCrypt memanfaatkan 2 (ya, dua) celah keamanan Windows untuk melakukan kerusakan seperti itu. Lalu bagaimana jika ternyata kini seorang periset keamanan bernama Miroslav Stampar menemukan bahwa sebuah malware baru bernama EternalRocks memanfaatkan 7 buah celah keamanan pada Windows. Ke-7 celah keamanan ini merupakan celah yang ditemukan dan dibuatkan tools penetrasinya oleh NSA (National Security Agency — Agen Keamanan Nasional AS), yang kemudian dibocorkan oleh grup hacker Shadow Brokers.

Miroslav lebih lanjut mengatakan bahwa malware EternalRocks berpotensi lebih berbahaya karena bekerja lebih diam-diam dan tidak memiliki kill-off switch seperti pada WannaCrypt. Berbeda dengan WannaCrypt yang langsung beraksi ketika berhasil menginfeksi PC korbannya, EternalRocks tidak melakukan apapun selama 24 jam setelah berhasil masuk ke PC ataupun Server. Ia akan mulai bekerja setelahnya, dengan secara otomatis mengunduh dan mereplikasikan dirinya ke PC PC lain yang memiliki celah keamanan yang sama.  Sampai saat ini EternalRocks masih terlihat diam sambil mencoba menginfeksi calon PC korbannya. Namun kita pengguna PC harus selalu waspada, karena seperti halnya kejadian infeksi WannaCrypt, malware EternalRocks juga dapat secara tiba-tiba dan masif melakukan kerusakan besar pada data-data penting kita.

Backup, backup, dan backup selalu menjadi kata penting bagi kita yang menghargai data, selalu ingat itu dan jangan lupa untuk selalu mengupdate Windows dan Antivirus yang digunakan.

(sumber: CNet)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s