Siapa penguasa pangsa pasar smartphone di kuartal pertama 2017 ini?

Siapa pemilik tahta pangsa pasar smartphone terbesar awal tahun 2017 ini? Kalau pembaca menebak Samsung, maka tebakannya benar. Namun walaupun secara persentase Samsung masih mendominasi dengan angka 20,7 persen, sepertinya mereka tidak akan terlalu senang jika melihat penurunan angka penjualannya. Kuartal pertama tahun 2017 ini, Samsung berhasil menjual sekitar 78,6 juta unit, sementara pada kuartal sama tahun 2016 lalu, Samsung menjual 81,1 juta unit. Padahal penjualan total global smartphone kuartal pertama tahun ini meningkat menjadi sekitar 380 juta unit dibandingkan tahun lalu yang “hanya” 349 juta unit. Demikian menurut data yang dikeluarkan oleh periset pasar, Gartner, pada bulan Mei 2017 ini.

Lalu, siapakah yang merebut pangsa pasar Samsung? Apple? bukan. Apple mengalami sedikit peningkatan pada volume penjualan namun dengan pangsa pasar yang juga menurun. Pada posisi ke-2 dengan pangsa pasar 13,7 persen, Apple menjual 51,9 juta unit smartphone, sedikit meningkat dari tahun lalu yang terjual 51,6 juta unit.

Cukup mengagetkan, karena justru tiga vendor dari negeri tirai bambu, Huawei, Oppo, dan Vivo yang mengalami peningkatan volume dan pangsa pasar penjualan smartphone. Pangsa pasar Huawei kini menjadi 9 persen dengan penjualan 34,1 juta unit, lalu Oppo dengan pangsa 8,1 persen berhasil menjual 30,9 juta unit, sementara itu Vivo berhasil menjual 25,8 juta unit smartphone, yang berarti meraih pangsa 6,8 persen.

Huawei, Oppo, dan Vivo, berhasil menarik perhatian dan minat para pembeli smartphone di negara negara Asia Pasifik dimana harga dan fitur lengkap menjadi pertimbangan utama dalam memilih sebuah smartphone. Akankah Samsung semakin tertekan dengan kehadiran the Three Musketeers ini? Jika trend ini berlanjut, bukan tidak mungkin Samsung hanya akan berjaya pada segmen pasar menengah-atas sampai high-end dan itu berarti secara volume penjualan, angka nya akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan segmen entry-level sampai dengan menengah. Kita lihat saja bagaimana Samsung mengatasi para pesaing barunya ini.

(sumber: Gartner via GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s