Surface Pro, tablet terbaru dari Microsoft

Di Shanghai, China, Microsoft memperkenalkan tablet terbarunya Surface Pro. Tidak ada lagi angka di belakang produk Surface Pro ini walaupun pada kenyataanya Surface Pro ini adalah generasi penerus dari Surface Pro 4.

Dengan menggunakan processor terbaru Intel Kaby Lake, mulai dari Core m3, Core i5, dan Core i7, Surface Pro terbaru ini, disebut Microsoft, memiliki performa 2x lebih cepat dibandingkan dengan Surface Pro 3. Asyiknya, peningkatan kecepatan yang cukup besar ini tidak dibarengi dengan semakin berisik atau semakin boros daya nya tablet ini, justru sebaliknya. Pada model dengan processor Core m3 dan Core i5, Microsoft menyematkan sistem pendingin pasif tanpa kipas sehingga sama sekali tidak bersuara. Sementara pada model dengan processor Core i7, Microsoft memasang sistem pendingin kipas dengan tingkat kebisingan tidak lebih dari 18dB, praktis tidak terdengar oleh telinga pada jarak tertentu di lingkungan kerja.

Daya tahan baterainya, wah, terbilang impresif. Microsoft menyebutkan bahwa Surface Pro terbaru ini dapat bertahan memutar film selama 13,5 jam, atau sekitar 50% lebih lama dibandingkan dengan Surface Pro 4. Bagaimana dengan bobotnya? jangan khawatir, Surface Pro akan tetap menjadi salah satu tablet / laptop paling ringan diantara para pesaingnya.

Tidak ada perubahan konfigurasi layar pada Surface Pro ini, tetap menggunakan layar berukuran 12,3 inci, rasio 3:2 dengan teknologi PixelSense 267 ppi. Oh ya, ada perubahan pada mekanisme pengaturan kemiringan layar Surface Pro yang kini mengikuti kakaknya Surface Studio, sehingga posisi kemiringan layar dapat diatur secara halus dan presisi. Sementara itu, opsi memori dan penyimpanannya kini beragam, mulai dari RAM 4 GB, 8 GB, dan 16 GB, serta penyimpanan SSD berukuran 128 GB, 256 GB, 512 GB, serta 1 TB.

Unit tabletnya bukan menjadi satu-satunya hal yang banyak mengalami perbaikan, karena baik keyboard maupun stylus nya juga sudah dibuat lebih sempurna oleh Microsoft. Keyboardnya kini memiliki opsi balutan Alcantara dengan 4 pilihan warna, terlihat sangat elegan. Mekanisme tombolnya pun berubah, dengan jarak gerakan tombol yang kini 1,3mm sehingga lebih nyaman untuk dipergunakan mengetik dengan durasi lama. Stylusnya, Surface Pen, kini lebih akurat dan lebih cepat, praktis tanpa lag / jeda ketika dipergunakan untuk menggambar sehingga terasa lebih natural.

Ooops hampir lupa, Microsoft juga menyebutkan bahwa pada kuartal ketiga tahun ini, akan ada Surface Pro yang dilengkapi dengan konektifitas LTE / 4G.

Surface Pro baru sudah dapat di pre-order di situs-situs Microsoft Store, Microsoft.com, dan BestBuy.com dengan harga mulai dari US$ 800 (untuk model dengan processor Core m3, RAM 4 GB, dan SSD 128 GB) sampai dengan US$ 2700 (untuk model dengan processor Core i7, RAM 16 GB, serta SSD 1TB).

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s