Hacker dapat mengambil alih PC atau gadget melalui file subtitel film

Macam-macam saja metode seorang hacker untuk dapat masuk dan mengambil alih PC ataupun gadget kita. Melalui tautan situs? Phising? Flashdisk? itu “mah” biasa. Baru-baru ini para peneliti keamanan dari Check Point menemukan bahwa ada metode baru yang digunakan hacker untuk menginfeksi PC, SmartTV dan gadget, yaitu melalui file subtitel film. Infeksi dengan metode baru ini dimungkinkan karena sebagian besar aplikasi pemutar film memberikan hak akses penuh kepada file file subtitel film dengan anggapan bahwa isi file tersebut hanyalah teks biasa, padahal kenyataannya file subtitel dapat disisipi dengan kode program jahat yang dapat dipergunakan untuk mengambil alih perangkat yang digunakan.

Check Point lebih lanjut menyebutkan bahwa walaupun mereka hanya melakukan pengujian celah keamanan ini pada program pemutar film populer seperti VLC, Kodi, PopcornTime, dan Stremio, namun aplikasi pemutar lainnya pun berpotensi memiliki celah keamanan yang sama.

Berbagai produsen aplikasi pemutar film sudah bereaksi terhadap hal ini dengan cara mengeluarkan patch atau update terhadap aplikasi mereka masing-masing. Jadi, jika pembaca hobby menonton film dengan file subtitel, sebaiknya segera mengunduh patch file untuk program yang digunakan. As always, be safe.

(sumber: Engadget)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s