Port Thunderbolt 3 akan tersedia lebih massal dan lebih murah

Apa jenis port koneksi yang tercepat saat ini? USB 3.1? salah. USB 3.1 memang cepat, namun bukan yang tercepat. Mahkota itu saat ini masih dipegang oleh Thunderbolt 3 dari Intel. Sayangnya tingkat adopsi Thunderbolt 3 saat ini masih terbatas pada produk produk premium yang memiliki harga cukup mahal. Untuk produk kelas menengah ke bawah, USB 3/3.1 masih terlihat sangat mendominasi. Salah satu penyebab mahalnya Thunderbolt adalah karena teknologi tersebut masih merupakan teknologi proprietary yang hanya dimiliki oleh Intel.

Tapi ada kabar gembira dari Intel mengenai hal ini. Intel mengumumkan bahwa ke depannya, seluruh processor yang diproduksi oleh Intel akan menyertakan kapabilitas Thunderbolt 3 secara default, lalu Intel juga menyebutkan bahwa mereka akan merilis spesifikasi protokol Thunderbolt ke pihak eksternal dengan biaya lisensi cuma-cuma. Apa artinya ini? ini berarti bahwa nantinya, berbagai vendor pembuat chip dapat memproduksi chip controller Thunderbolt-nya tersendiri tanpa harus khawatir akan biaya tambahan yang biasanya dibebankan karena adanya lisensi khusus.

Wakil direktur Intel, Chris Walker, dalam blog nya menyebukan bahwa alasan Intel melakukan ini adalah untuk mengakselerasi tingkat adopsi perangkat-perangkat berbasis Thunderbolt 3 yang lebih cepat dan lebih handal.

Pada posisi nya saat ini, Thunderbolt 3 memiliki kemampuan mentransfer data sebesar 40 Gb/s, ini jelas lebih cepat daripada USB 3.1 terbaru yang “hanya” memilik kecepatan sebesar 10 Gb/s. Kecepatan tinggi ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam perangkat eksternal seperti monitor 4K eksternal, SSD eksternal, ataupun processor grafis (GPU) eksternal yang berkemampuan tinggi. Potensi penggunaanya sangat beragam, terutama jika mengingat bahwa platform ini akan terus berkembang teknologinya. Keputusan Intel untuk akhirnya membuka diri dan memberikan spesifikasi protokol Thunderbolt 3 kepada industri umum adalah hal yang sangat bijaksana, karena dengan demikian, diyakini bahwa hanya dalam waktu singkat, port Thunderbolt 3 akan sepopuler port USB. Dan kita sebagai konsumen, akan menikmati berbagai peripheral berkecepatan tinggi dengan harga yang masuk akal. Win-win solution bukan?

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s