(Updated) ARM sepertinya akan memperkenalkan chip Cortex-A75, A55, dan Mali-G72 di Computex 2017

Update 30/5/2017: ARM sudah secara resmi memperkenalkan Cortex-A75, A55 dan GPU Mali-G72. Artikel ini sudah diupdate dengan beberapa slide resmi dari ARM.

Sebuah bocoran bahan presentasi ARM sempat didapatkan oleh situs videocardz.com sebelum akhirnya dihapus oleh ARM. Dalam bahan presentasi tersebut, ARM menyebutkan beberapa nama baru dalam jajaran chip CPU dan GPU nya, Cortex-A75, A55, serta Mali-G72. Tiga produk baru ARM ini rencananya akan mulai diproduksi masal pada tahun 2018 nanti. Adapun perkenalannya diperkirakan akan dilakukan ARM pada event Computex yang akan dimulai minggu ini.

Dalam bocoran presentasinya ARM menyebutkan bahwa Cortex-A75 akan memiliki performa kurang lebih 20% lebih cepat daripada Cortex-A73, dan dengan konsep DynamIQ big.LITTLE maka efisiensi penggunaan daya nya pun meningkat karena proses distribusi beban pemrosesan data kini dapat dilakukan per core dan bukan per cluster.


Sementara itu core CPU kelas menengah nya Cortex-A55, disebut memiliki peningkatan performa sampai dengan 2x lipat dibandingkan dengan Cortex-A53 yang saat ini sangat populer digunakan. Hebatnya, peningkatan performa ini justru dibarengi dengan peningkatan keiritan daya sampai dengan 15%. Seperti halnya kakaknya Cortex-A75, Cortex-A55 juga mendukung konsep DynamIQ big.LITTLE yang lebih efisien. Seringkali konsep ini menggabungkan core performa A75 dengan beberapa core efisien A55 dalam satu paket chip SoC.


CPU bukan satu-satunya yang dikembangkan oleh ARM, karena GPU pun memiliki peranan penting dalam membuat pengalaman pengguna gadget semakin asyik. Berbeda dengan CPU yang memiliki fungsi umum sebagai pemroses berbagai macam jenis data, GPU memiliki tugas yang lebih spesifik, yaitu pemrosesan grafis atau jenis-jenis data yang masif dan berulang, seperti pada proses inference dan learning AI (Artificial Intelligence). ARM sebelumnya sudah memiliki beberapa generasi GPU yang mereka beri nama Mali Pada GPU terbarunya Mali-G72, ARM mengklaim bahwa kecepatannya meningkat sampai dengan 40% jika dibandingkan dengan Mali-G71 yang kini banyak digunakan. Dan seperti produk lainnya, GPU terbaru ARM ini juga dibuat lebih efisien penggunaan daya listriknya sampai dengan 25%.

Peningkatan performa dan efisiensi pada Cortex-A75, A55, dan Mali-G72 ini sudah tentu akan membawa teknologi VR dan AI lebih dekat dengan kita pengguna gadget, sekaligus juga memungkinkan smartphone kelas menengah untuk memiliki fitur-fitur canggih yang sebelumnya hanya dapat diperoleh pada smartphone kelas atas. Kita tunggu saja informasi resmi dari ARM pada hari Selasa besok (waktu Taipei, tempat penyelenggaraan event Computex).

(sumber: NotebookCheck)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s