Processor Core generasi ke-8 disebut Intel akan lebih cepat 30% dari generasi sebelumnya

Akhirnya Intel terbangun dari tidur nyenyaknya. Setelah bertahun-tahun tidak memiliki pesaing yang berarti di dunia desktop PC dan Laptop, kini Intel mulai terganggu dengan agresif nya AMD menelurkan produk-produk barunya. Pada event Computex yang masih berlangsung, Intel memberikan sedikit informasi mengenai processor generasi ke-8 nya, Coffee Lake.

Processor generasi ke-8 yang diperkirakan mulai tersedia pada paruh kedua tahun 2017 ini, disebut Intel akan memiliki peningkatan performa antara 15% sampai 30% dibandingkan dengan processor Kaby Lake yang kini beredar. Peningkatan performa setinggi 30% ini terbilang lompatan cukup besar, walaupun jika diperhatikan, tidak semua jajaran processor Coffee Lake akan menikmati peningkatan performa setinggi itu. Pada slide presentasinya, Intel membandingkan processor Core i7-7500U (2-core / 4-thread, 2,7 – 3,5 GHz, TDP 15W), dengan sebuah procssor Coffee Lake yang memiliki TDP serupa 15 W namun dengan jumlah core 4 buah, 8 thread dengan clock speed 4 GHz. Menilik spesifikasinya, terbilang wajar jika kemudian performanya meningkat sampai dengan 30%, namun yang hebat adalah, dengan peningkatan performa seperti itu pun ternyata penggunaan daya listrik nya tetap sama dengan processor generasi sebelumnya.

Processor generasi ke-8 Intel masih akan tetap diproduksi dengan fabrikasi 14nm namun dengan proses yang sudah disempurnakan.  Kapan Intel akan mulai beralih ke proses produksi 10nm atau 7nm seperti pesaingnya Samsung dan TSMC? Mungkin mulai tahun 2018 nanti.

(sumber: GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s