Smartphone Essential (PH-1) diperkenalkan oleh Andy Rubin, salah satu penemu Android

Andy Rubin sudah cukup lama tidak lagi bekerja untuk Google, namun passion-nya untuk membuat produk penuh terobosan tidak berhenti begitu saja. Ia mendirikan sebuah perusahaan teknologi yang bernama Essential, dan baru-baru ini ia memperkenalkan dua produk barunya yang masih berhubungan dekat dengan layanan yang dimiliki oleh Google.

Produk pertamanya adalah sebuah smartphone performa tinggi nan anggun yang diberi nama Essential Phone (dengan kode PH-1) sementara produk keduanya adalah pesaing Amazon Echo dan Google Home yang dinamakan Essential Home.

Essential Phone bukan saja memiliki spesifikasi yang sangat kekinian, dengan chip Snapdragon 835, RAM 4 GB, layar QuadHD berukuran 5,71″, penyimpanan 128 GB, kamera ganda 13 MP (Warna dan Monokromatik), serta baterai 3040 mAH, namun juga mengusung desain yang sangat “wah”, begitu menawan dengan layar besar yang terlihat hampir tidak memiliki bezel. Desain mewah minimalisnya berlanjut sampai dengan tidak ditemukannya logo atau merek apapun pada smartphone ini.

Namun cantik berkelas menjadi tidak berarti jika mudah rusak, oleh karena itu, untuk memastikan bahwa smartphone nya bertahan lama, Essential membalutkan tubuh Essential Phone dengan bahan titanium dengan lapisan keramik pada bagian belakangnya. Titanium jauh lebih tahan banting dibandingkan alumunium yang kerap digunakan pada smartphone masa kini, sementara lapisan keramik lebih tahan gores dibandingkan dengan bahan kaca yang digunakan pada smartphone high-end masa kini. Untuk sementara waktu, hanya tersedia 4 pilihan warna Essential Phone, yaitu Hitam, Putih, Abu-abu, dan kombinasi 2 warna (dual-tone).

Sistem operasinya menggunakan Android 7 Nougat tanpa sentuhan modifikasi sama sekali, hal ini membuatnya lebih ringan resource, namun juga sekaligus lebih aman karena setiap update atau patch dari Google akan langsung dapat didownload dan dipasang pada Essential Phone ini.

Bagaimana dengan kameranya? Oh jangan khawatir, spesifikasinya juga sudah up-to-date koq. Kamera utamanya merupakan kamera dengan dua lensa, yang masing masing beresolusi 13 MP dimana 1 lensa menggunakan sensor full-colour (f/1.85) sementara lensa lainnya dengan sensor monokromatik. Karena memiliki tugas yang lebih ringan, sensor monokromatik mampu menangkap gambar lebih jelas, jernih dan lebih detail dibandingkan dengan sensor warna. Nah, jika hasilnya ini digabungkan (secara software) dengan hasil tangkapan sensor warna, maka hasil akhirnya sudah tentu menjadi istimewa. Kamera selfie nya pun tidak tanggung-tanggung, karena sudah menggunakan sensor 8 MP (f/2.2).

Lalu apalagi yang membedakan Essential Phone ini dari para pesaingnya? konsep modular. Tidak ekstrim seperti pada LG G5, namun Essential Phone memberikan berbagai opsi modul dan aksesoris yang dapat dipasangkan pada konektor magnetik yang terdapat pada bagian belakang smartphone, dekat dengan lensa kamera. Untuk awalnya, baru tersedia dua jenis aksesori tambahan yaitu modul wireless 6 Gbps, serta modul kamera 360 derajat berharga US$ 50. Cukup unik bukan?

Essential Phone dengan modul kamera 360 derajat

Essential Phone sudah dapat dipesan dengan harga sekitar US$ 700, namun belum ada tanggal spesifik kapan smartphone cantik ini dapat diterima oleh pembelinya. Harganya memang tidak murah, namun segmen pasarnya memang menyasar para pemilik Apple iPhone dan Samsung Galaxy S8 (dan Note 8?) yang rela menyisihkan dana lebih untuk sebuah eksklusifitas. Akankah Essential Phone ini berhasil? kita berharap begitu, karena semakin banyak persaingan, semakin meriah.

Tabel spesifikasi Essential Phone dapat dilihat di bawah ini:

Essential Phone
Platform Android 7 Nougat
Display 5.71″ LTPS LCD with 19:10 ratio
2560 x 1312 pixel Quad HD
Dimensions
Weight
141.5 x 71.1 x 7.8mm
185 grams
SoC
RAM
Snapdragon 835 (10nm)
4GB RAM
Cameras Dual rear camera (13MP Dual RGB + Mono fusion system)
8MP front cam with 4K video
Storage 128GB UFS 2.0
– no microSD card slot
Battery 3,040 mAh
with USB-C fast charging
Special features Titanium body, Ceramic back, Gorilla Glass 5
Magnetic dock, 6Gbps Wireless Accessory Connector
4x microphones with noise cancellation support
Bluetooth 5.0 LE

(sumber: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s