Intel memperkenalkan komputer berukuran kartu kredit: Compute Card

Beberapa tahun yang lalu, untuk mendapatkan performa yang cukup cepat dari sebuah komputer, paling tidak memerlukan sebuah laptop dengan layar 12 inci yang biasanya dilengkapi dengan processor sekelas Celeron ataupun Pentium. Kini, untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi, ukuran fisiknya justru semakin mengecil, hanya seukuran dengan kartu kredit!

Pada Computex 2017, Intel memperkenalkan PC dengan form factor baru yang disebut dengan Compute Card. Ukurannya sangat ringkas, dengan panjang dan lebar seukuran kartu kredit dengan ketebalan hanya 5mm, namun spesifikasinya cukup membuat kagum. Terdapat empat pilihan konfigurasi yang tersedia, yang pertama dengan processor Intel Celeron N3450, lalu Pentium N4200, kemudian Core M3 7Y30, dan terakhir Core i5 7Y57 vPro. Keempat model tersebut masing masing disematkan RAM cukup besar yaitu 4GB DDR3. Pada model dengan processor Celeron dan Pentium, Compute Card dilengkapi dengan penyimpanan eMMC berukuran 64 GB sedangkan pada model yang lebih tinggi telah disiapkan SSD berukuran 128 GB. Bagaimana dengan konektifitas? jangan takut, karena keempatnya sudah dilengkapi dengan modul Bluetooth 4.2 dan Wifi 802.11ac.

Compute Card didisain sedemikian rupa sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai macam perangkat yang perlu “dibuat pintar”. Dengan sebuah slot standar pada berbagai macam perangkat, Compute Card dapat diinstalasikan hanya dengan memasukkannya ke slot tersebut. Pada event Computex, Intel memamerkan beberapa konsep dimana Compute Card dapat dimanfaatkan, salah satu contohnya adalah sebuah monitor dari LG yang sudah dilengkapi dengan slot yang kompatibel dengan Compute Card yang berubah menjadi komputer lengkap dan operasional hanya dengan memasukkan Intel Compute Card pada slot yang disediakan. Lalu ada juga produk digital signage untuk menampilkan informasi maupun iklan-iklan di pusat perbelanjaan, dimana digital signage atau kiosk dapat diaktifkan hanya dengan memasangkan sebuah Compute Card. Lemari Es, TV, CCTV, dan berbagai hal lainnya dapat mengadopsi platform Compute Card dengan relatif mudah. Bahkan ada sebuah konsep Laptop yang hanya memiliki layar LCD, keyboard, dan touchpad namun tanpa processor dan memori yang baru dapat diaktifkan setelah Compute Card dimasukkan kedalam slotnya. Dengan demikian, jika pengguna perangkat-perangkat tersebut ingin mengupgrade “komputernya” dengan yang lebih cepat, cukup mencabut Compute Card lama dan masukkan Compute Card baru yang lebih cepat.

Intel juga memamerkan sebuah docking station yang memberikan Compute Card port-port tambahan seperti USB 3.0, HDMI, dan lainnya.

Intel belum menyebutkan angka harga pasti dari produknya ini, namun mereka menyebutkan bahwa mereka sudah bekerja sama dengan beberapa partner seperti Dell, HP, Lenovo, Sharp, InFocus dan lainnya untuk memastikan bahwa Compute Card sudah mulai diimplementasikan pada bulan Agustus tahun ini.

(sumber: The Inquirer dan Intel)

 

 

Iklan

2 respons untuk ‘Intel memperkenalkan komputer berukuran kartu kredit: Compute Card

    • Danny D berkata:

      Sepertinya segmen pasarnya beda mas, Raspberry utk hobbyist, tp kalau Intel Compute Card utk segmen bisnis… harga nya pasti jauh diatas Raspberry.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s