Kekuatan kecerdasan buatan milik IBM Watson kini lebih banyak digunakan kepentingan sosial

Kecerdasan IBM Watson sempat membuat dunia terperangah karena kemampuannya dalam berbagai macam hal, mulai dari memenangkan permainan Jeopardy, membuat resep masakan unik dan eksotis, sampai dengan berkolaborasi membuat musik dengan produser terkenal. Namun melalui proyek “Science for Social Good”, IBM Watson juga kini banyak berkontribusi untuk kepentingan sosial seperti penelitian kanker, penelitian penyakit menular, penelitian penggunaan energi dan berbagai hal lainnya.

Dalam hal medis, IBM Watson  berhasil membuat program penyembuhan kanker dengan tingkat akurasi yang sama baiknya dengan hasil kerjasama beberapa dokter ahli tumor, lalu, IBM Watson juga terbilang berjasa karena berhasil mendiagnosa dan memberikan saran medis yang sangat tepat pada seorang wanita berumur 60 tahun yang menderita Leukimia di Tokyo, Jepang.

Sebagai bukti dari keseriusan IBM untuk memberikan sumbangsih sosial, kini beberapa proyek mengenai cara melawan krisis opoid, cara mencari dan memprediksi berkembangnya penyakit menular, cara terbaik mendistribusikan supply makanan untuk kasus gawat darurat, penelitian mengenai metode mempengaruhi manusia untuk dapat mengurangi penggunaan energi, dan berbagai proyek keilmuan lainnya sedang berjalan dengan sistem kecerdasan buatan milik IBM ini.

(Foto oleh Carolyn Cole/Los Angeles Times – Getty Images)

Ini merupakan angin segar bagi dunia kecerdasan buatan dan sosial, sekaligus membuka mata kita semua, bahwa jika digunakan dengan tepat dan benar, teknologi kecerdasan buatan berpotensi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umat manusia. Usaha IBM ini juga seharusnya sedikit mencolek kompetitornya di bidang kecerdasan buatan, seperti Google, Microsoft, dan lainnya untuk juga menyumbangkan sedikit kemampuan mesin-mesin Artificial Intelligence mereka untuk hal-hal yang sifatnya sosial seperti ini.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s