Penggemar ‘game console’, siap-siap menyambut Xbox One X!

Pada event E3 hari ini, Microsoft akhirnya memperkenalkan nama resmi game console tercanggihnya, Xbox One X. Dan tepat seperti rumor-rumor yang beredar sebelumnya, Xbox ‘Project Scorpio’ alias One X ini mampu menjalankan game dengan resolusi tinggi 4K pada kecepatan halus 60 frame per detik!

Spesifikasinya lebih canggih daripada yang diusung PS4 Pro, perbandingannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Xbox One X PS4 Pro
CPU 2.3GHz 8-Core 2.16 GHz 8-Core
GPU 6 TFLOPS 4.2 TFLOPS
Memory 12GB GDDR5 8GB GDDR5
Memory Bandwidth 326 GB/s 218 GB/s
UHD Discs Yes No
Storage 1TB HDD 1TB HDD
Price $499 $399

Sekilas bentuknya memang tidak terlihat terlalu unik, berdesain mengotak seperti hal nya Xbox model terdahulu, namun Microsoft menyebutkan bahwa One X ini adalah Xbox terkecil mereka. Tapi kecil bukan berarti lemah lho, karena spesifikasinya mantap, dengan sebuah processor AMD 8-core yang bekerja pada frekuensi 2,3 GHz yang disandingkan dengan prosesor grafis berkecepatan 1,17 GHz dengan besaran memori GDDR5  sebanyak 12 GB, Xbox One X disebut memiliki kemampuan proses sampai dengan 6 TeraFLOPS, kurang lebih sekelas dengan kemampuan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070.

Harganya sekilas terkesan mahal, namun jika kita pertimbangkan bahwa One X ini memiliki kemampuan grafis yang setara dengan GeForce GTX 1070, dilengkapi dengan processor AMD 8-core, dilengkapi dengan memori besar 12 GB GDDR5, hard disk 1TB,  serta sebuah pemutar BluRay UHD, maka harganya mendadak menjadi lebih masuk akal. Kombinasi ini berpotensi besar membuat para calon pembeli player BluRay UHD menahan diri dan menunggu produk Microsoft yang satu ini.

Untuk pertama kalinya juga Microsoft melengkapi game console nya dengan sistem pendingin berbasis heat-pipe. Hal ini dilakukan Microsoft untuk memastikan masalah crash yang dahulu pernah dialami oleh Xbox 360 tidak akan dialami oleh para pembeli Xbox One X, terlebih jika mengingat bahwa kemampuan hardware nya kini jauh lebih cepat.

Jika pembaca bertanya: “Bagaimana dengan game-game Xbox One saya sebelumnya?”, lalu “Bagaimana kalau saya belum memiliki TV 4K?” Ah, jangan khawatir, karena One X kompatibel dengan seluruh game-game sebelumnya (generasi Xbox One), malah game game lama itupun akan menikmati kecepatan loading yang lebih tinggi. Ditambah lagi, gambar film dan games yang ditampilkan One X pada TV 1080p akan tetap menjadi lebih cantik, berkat teknologi supersampling.

Tapi jangan dulu mengeluarkan isi dompet ya, karena di negara asalnya sana, Xbox One X baru akan hadir pada bulan November nanti. Di Indonesia? belum ada timeframe pasti. Kecuali jika pembaca mengimpor nya langsung.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s