Giliran ransomware MacRansom mengincar komputer Mac

Para peneliti keamanan data di Fortinet, menemukan bahwa sebuah varian ransomware kini beredar dengan menargetkan komputer-komputer Mac. Tingkat kecanggihan MacRansom, demikian ransomware ini dinamakan, memang masih beberapa tingkat di bawah ransomware untuk platform Windows, namun jika dibiarkan, maka MacRansom pun akan dapat mengganggu para pengguna Mac.

Contoh tampilan Ransomware – beebom.com

Metode penyebarannya kurang lebih sama, melalui tautan jebakan yang disebarkan melalui email maupun situs-situs internet tertentu. Jika berhasil menipu korbannya, maka MacRansom akan mengenkripsi data-data penting pengguna Mac untuk kemudian meminta uang tebusan senilai US$ 700 (0,25 BitCoin) untuk membuka file-file yang terkunci tersebut.

Pembuat MacRansom sepertinya tidak berniat untuk mendistribusikannya langsung, namun melalui para hacker pemula yang iseng. Tidak perlu pengalaman coding canggih untuk menyebarkan MacRansom, cukup memintanya kepada sang pembuat melalui portal tertentu.

Jika pembaca pengguna Mac, waspadalah, ya betul Mac memang relatif lebih aman dibandingkan dengan PC berbasis Windows, tapi jangan biarkan sense-of-security itu membuat pembaca justru menjadi lalai melakukan updates dan melengkapi komputer Mac pembaca dengan sebuah Antivirus.

(sumber: The Register UK)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s