Tools hacking “CherryBlossom” berpotensi membuat router menjadi mata-mata CIA

WikiLeaks, dalam laporan terakhirnya, menyebutkan bahwa sebuah program hacking yang diberi kode “CherryBlossom” mampu menginfeksi beberapa merek dan model router untuk memata-matai pengguna router tersebut.

sumber gambar: Citrix

Sampai dengan saat ini, puluhan sampai ratusan model router berpotensi di-hack dengan metode code injection ini, diantaranya dari 3Com, Cisco, Dlink dan Linksys. Dalam dokumen 175-halamannya, WikiLeaks menyebutkan bahwa software CherryBlossom ini pada dasarnya adalah sebuah software berbasis sistem operasi Linux yang merubah sebuah router menjadi server kecil yang dikontrol oleh CIA. Setelah terinfeksi, router-router tersebut dapat menerima “misi” mata-mata yang bertugas mengawasi traffic, bahkan memanipulasi data seperti data email, MAC Address, maupun komunikasi VoIP. CherryBlossom juga mampu mengarahkan semua traffic internet dari router korban ke server-server proxy milik CIA.

Hebatnya, seluruh data dari dan ke router korban sudah terenkripsi, sehingga sangat sulit bagi pengguna maupun hacker lain untuk mendeteksi aktifitas penyadapan ini.

Belum ada response dari para vendor router atas bocoran dokumen dari WikiLeaks ini. Namun bagi pengguna yang menggunakan router, untuk amannya, selalu usahakan mengupdate firmware router yang digunakan dengan versi terbaru.

Catatan: The Inquirer menyebutkan bahwa hanya dua merek router yang diketahui berpotensi terpapar tools hacking ini, namun daftar perangkat yang dipublish oleh WikiLeaks ternyata menyebutkan beberapa merek router terkenal lainnya.

(sumber: WikiLeaks via The Inquirer)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s