Komputer klasik Apple I yang masih berfungsi terjual seharga 4,8 miliar rupiah!

Jika pembaca merasa memiliki komputer jadul Apple II original yang masih berfungsi, simpanlah baik-baik! karena dalam beberapa tahun mendatang, harga jualnya mungkin akan menyaingi komputer Apple I yang diproduksi tahun 1976 lalu yang berhasil dilelang dengan harga jual sekitar 4,8 miliar rupiah di rumah lelang Christie’s di New York.

Apple I – sumber gambar: Christie’s New York

Apple I, merupakan komputer pertama yang dibuat dengan tangan Steve Wozniak dan Steve Jobs  di garasi Steve Jobs. Komputer yang pada saat diperkenalkan dijual dengan harga US$ 666, dilengkapi dengan processor MOS 6502 yang bekerja pada kecepatan 1 MHz (ya, pembaca tidak salah baca, memang 1 MHz, bukan GHz seperti pada komputer dan smartphone masa kini), memori RAM nya 4 KB default yang dapat diperluas sampai dengan 48 KB.

Apple I – sumber gambar: Christie’s New York

Apple I dijual hanya berupa papan elektronik atau sering disebut sebagai Motherboard, tidak ada Power Supply maupun Chassis yang disertakan dalam paket penjualan, sehingga pembelinya harus menyediakan sendiri PSU dan Chassis nya sendiri.

Saat ini, tercatat hanya ada 66 unit Apple I yang masih berfungsi dan tersimpan baik baik. Jika pembaca adalah salah satu pemiliknya, pertimbangkan untuk menjualnya sebelum komputer tersebut benar-benar tidak  berfungsi lagi. Lumayan, bisa membeli sebuah rumah mewah!

(sumber: CNet)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s