Ransomware WannaCry(pt) memaksa Honda menghentikan produksi mobilnya di Jepang untuk beberapa saat

Dikala kita mengira bahwa efek Ransomware WannaCry(pt) sudah berakhir, ternyata gaungnya masih juga terdengar. Baru-baru ini WannaCry(pt) ditemukan berhasil menyusup ke jaringan komputer internal milik produsen mobil Honda.

Contoh tampilan Ransomware – beebom.com

Pabrik Honda di Jepang, Amerika Serikat, Eropa dan China ternyata sempat disusupi WannaCry(pt) dan membuat Honda terpaksa menghentikan produksi mobilnya di pabrik Sayama, Jepang. Lokasi pabrik lainnya, walaupun juga terpapar ransomware tersebut, namun tidak menyebabkan dihentikannya jalur produksi yang berlangsung.

Untungnya, tidak perlu waktu lama bagi pabrik Honda Jepang untuk memperbaiki masalah ini, sehingga saat berita ini dimuat, pabrik di Sayama tersebut sudah kembali beroperasi dengan normal.

WannaCry(pt) termasuk salah satu malware / ransomware yang secara masif mampu merusak data pada ratusan ribu komputer beberapa bulan yang lalu. Bahkan Indonesia pun termasuk salah satu negara yang terpengaruh oleh ransomware global ini. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan WannaCry(pt) akhirnya memaksa Microsoft untuk membuat patch bagi sistem operasi lama miliknya, seperti Windows XP. Dan memang terbukti bahwa setelah patch, tingkat penetrasi ransomware ini berkurang banyak, namun tetap saja, ternyata ia masih mampu menyusup ke beberapa komputer yang mungkin “terlupakan” untuk di-update dan di-scan oleh Antivirus. Jika pembaca masih menggunakan PC Windows lama yang masih beroperasi sebagai PC produksi seperti untuk CNC, Gateway / Proxy ataupun File Server, jangan lupa untuk juga meng-update dan men-scan nya dengan Antivirus.

(sumber: CNet)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s