Aplikasi messenger Telegram 4.1 dihujani banyak fitur baru

Pengguna Telegram memang masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna WhatsApp. Namun aplikasi ini diakui memiliki fitur yang terlengkap di kelasnya, bahkan sang kompetitor besarnya, WhatsApp, seringkali mengikuti jejak Telegram dengan menambahkan fitur serupa dengannya.

Dengan Telegram versi 4.1 yang baru-baru ini diperkenalkan untuk iOS dan Android, Telegram kini kembali menjadi yang terdepan dalam hal fitur. Pada Telegram untuk iOS, dukungan 3D Touch kini lebih lengkap dengan menu pilihan lebih beragam dan opsi sharing dari aplikasi lainnya juga sudah lebih terintegrasi. Sementara itu, pada Telegram versi Android, Android Pay kini dapat digunakan untuk pembelian bot. Selain itu, pada versi terbaru ini, jumlah anggota sebuah Supergroup bisa mencapai 10 ribu user. Angka yang sangat besar jika kita melihat bahwa WhatsApp masih membatasi jumlah anggota sebuah group sampai dengan 256 user saja.

Asiknya, admin group Telegram kini dipersenjatai opsi pengaturan yang lebih lengkap dan detail. Seorang admin utama misalnya, dapat mengatur hak admin lainnya, seperti melarangnya untuk memberikan hak admin kepada user reguler, melarangnya mengganti informasi group, mencegahnya dari menghapus pesan pada group, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang admin dapat juga mengatur apa yang dapat dilakukan oleh seorang anggota group, salah satu contohnya adalah membatasi seseorang sehingga tidak dapat mengirimkan file media, sticker, ataupun gambar GIF ke group.

Perlahan namun pasti, userbase Telegram kini memang semakin membesar, dan dengan penambahan fitur baru secara rutin seperti ini, paling tidak, dapat menekan pesaingnya, WhatsApp, untuk segera menambahkan fitur serupa. Ujung-ujungnya kita yang akan diuntungkan bukan? 🙂

(sumber: GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s