Amazon Alexa kini memiliki 15 ribu aplikasi pendukung

Amazon Alexa memang bukan voice assistant yang muncul pertama kali karena Apple Siri-lah yang pertama kali membuat teknologi voice assistant menjadi lebih merakyat. Namun gebrakan Amazon dengan memperkenalkan jajaran speaker pintar Echo membuat Amazon Alexa kini memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaing terdekatnya dari Google, Microsoft dan terakhir Apple. Dalam waktu relatif singkat, Alexa kini memiliki 15 ribu “keterampilan” berbasis aplikasi, dimana hanya dengan mendengarkan perintah suara penggunanya, Alexa dapat menginformasikan dan menjalankan berbagai macam aktifitas.

Sebelumnya, pada bulan Februari 2017 yang lalu, Alexa “baru” memiliki 10 ribu “keterampilan”, dan kini dalam waktu kurang dari 4 bulan saja, kemampuan Alexa sudah bertambah sekitar 50%. Peningkatan kemampuan yang signifikan ini tentunya memang diperlukan Alexa untuk tetap berada di posisi puncak marketshare speaker pintar yang kini berkisar 70%. Kemampuan Amazon Alexa memproses 15 ribu jenis perintah penggunanya ini terbilang canggih, bandingkan dengan pesaing terdekat nya Google Assistant, yang baru memiliki 378 aplikasi pendukung, atau Microsoft Cortana yang hanya memiliki sekitar 65 aplikasi pendukung.

Ambisi Amazon untuk secara cepat melebarkan ekosistem Alexa nya ini sedikit banyak dipengaruhi oleh hadirnya Apple HomePod, speaker pintar dari Apple. Apple memiliki reputasi luar biasa dalam membangun ekosistem yang lengkap dan cepat berkembang dan Amazon sepertinya menyadari hal itu. Namun, ada sedikit kekhawatiran yang mungkin timbul akibat pengembangan ekosistem Alexa yang terlihat eksponensial ini, fokus pada jumlah “keterampilan” atau aplikasi pihak ke-3 berpotensi sedikit mengabaikan kualitas. Apakah hal ini akan menimbulkan masalah bagi Amazon di kemudian hari? belum tahu. Bisa jadi Amazon belajar dari cara bagaimana Android menguasai dunia smartphone dan tablet saat ini — dengan jumlah aplikasi pendukung yang sebanyak dan selengkap mungkin. Akankah strategi ini juga berhasil untuk Amazon Alexa? bagaimana response Apple, Google, dan Microsoft selanjutnya? kita lihat saja peperangan sengit antara empat nama besar ini nanti.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s