Mencari komputer imut yg mampu menampilkan video 4K? ROCK64 jawabannya.

Komputer (uhm, tepatnya motherboad) kecil nan-imut dari Raspberry memang beragam pilihannya, namun belum ada Raspberry Pi yang didisain untuk mampu digunakan untuk memainkan film resolusi tinggi 4K dengan kecepatan 60 frame per detik. Lalu apa pilihan lainnya? Nah, sebuah perusahaan yang menamakan dirinya PINE64 ternyata sudah siap dengan solusinya.

ROCK64

PINE64 baru baru ini memperkenalkan ROCK64, sebuah media board computer yang diklaim mampu menampilkan film-film 4K dengan mulus. Ini klaim yang tidak main-main untuk komputer sekecil dan seringkas ini, dan sudah pasti harus didukung dengan spesifikasi hardware yang memadai. ROCK64 dilengkapi dengan processor quadcore dari Rockchip. Rockchip RK3328 merupakan sebuah processor dengan empat buah ARM Cortex-A53 yang disandingkan dengan GPU Mali-450MP2, konfigurasi memorinya bisa didapat mulai dari 1, 2, dan 4 GB LPDDR3 1600 MHz, port ekspansi nya pun beragam, mulai dari port yang kompatibel dengan aksesoris board Raspberry seperti Pi-2 Bus, Pi-P5+ Bus, sampai dengan slot eMMC, MicroSD, USB 3.0, Gigabit Ethernet dan berbagai port lainnya.

Processor Rockchip yang diusungnya sudah mampu mendecode codec H.265, H.264, serta CP9 secara hardware, sehingga dipastikan tampilan film film 4K pada layar televisi ataupun monitor besar yang digunakan akan memukau tanpa tersendat. Jika pembaca penasaran dengan ukurannya, komputer ROCK64 ini dapat disandingkan dengan sebuah kartu kredit (tentunya dengan ketebalan yang berbeda ya). Dan karena ukuran ringkasnya ini, tidak heran jika board ini juga terbilang sangat irit daya, cukup dengan supply daya sebesar 3A pada voltase 5V. ROCK64 dapat dipasangkan dengan beberapa sistem operasi terkenal seperti Android 7.1 Nougat, Debian, ataupun Yocto.

Komputer kecil nan canggih ini rencananya akan mulai tersedia pada tanggal 31 Juli nanti, dengan harga mulai US$ 24.95 untuk board dengan memori RAM 1 GB, US$ 34.95 untuk board dengan RAM 2 GB, serta US$ 44.95 untuk model tertinggi dengan RAM 4 GB. Jika pembaca tertarik, segera kunjungi website PINE64 untuk melakukan pre-order.

(sumber: NotebookCheck)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s