Intel mulai agresif, meluncurkan Intel Xeon SP untuk menandingi AMD Epyc

“Welcome competition!” … akhirnya Intel merasakan tekanan melalui persaingan. Platform AMD Zen yang diimplementasikan pada Ryzen untuk consumer-level, ThreadRipper untuk professional dan enthusiast, serta Epyc untuk Data Center ternyata cukup membuat Intel ketar-ketir. Buktinya, setelah kehadiran berbagai processor baru dari AMD, Intel pun mengeluarkan banyak processor baru, termasuk diantaranya andalan mereka di Data Center, Intel Xeon SP (Scalable Platform).

Intel Xeon SP (Platinum) memiliki jumlah core maksimum sebanyak 28 core pada setiap soket nya. Xeon SP dibagi kedalam beberapa kelas processor yang diberi nama Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Versi tercanggihnya, Platinum, mendukung sampai dengan 8 buah soket processor, sehingga secara total jumlah core nya dapat mencapai 224 core! sungguh sebuah jumlah core yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan ada pada platform Xeon. Jumlah core sebanyak ini memang memaksa Intel untuk mendesain ulang sistem komunikasi internal processornya, yang semula menggunakan topologi Ring, menjadi topologi Mesh.

Jumlah memori maksimal yang didukung Intel Xeon SP adalah 6 TB, dengan peningkatan performa rata rata sebesar  65% lebih cepat dibandingkan platform Xeon sebelumnya. Lalu, bagaimana performanya dibandingkan dengan AMD Epyc? AMD Epyc tertinggi memiliki jumlah core lebih banyak, dengan 32 buah core, namun Intel sepertinya yakin bahwa Intel Xeon XP Platinum akan memiliki performa 28 persen lebih cepat daripada AMD Epyc 7601.

 

Lalu apakah performanya memang benar benar lebih cepat daripada AMD Epyc? sepertinya kita mesti bersabar menanti sampai kedua produk benar-benar hadir di pasaran dan di test secara bersamaan. Yang jelas, tahun ini (dan semoga tahun-tahun berikutnya) akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi mereka yang memerlukan server-server canggih nan cepat. Karena kompetisi ketat berarti harga yang terlalu melambung pun sudah bukan jamannya lagi.

(sumber: The Inquirer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s