Google memperbaiki keamanan aplikasinya terhadap phishing

Google sempat dibuat pusing tujuh keliling ketika sekitar 1 juta pengguna akun Google menjadi korban phishing bulan Mei yang lalu. Phishing terjadi dengan cara menipu para pemilik akun Google melalui email yang seolah-olah berisi dokumen Google Docs. Dengan mengklik link Google Docs tersebut,  sebuah aplikasi jahat akan meminta otorisasi untuk “membuka” akun Google Docs, dan jika sang pemilik akun mengisi username dan passwordnya, maka aplikasi jahat tersebut sudah menguasai akunnya.

Atas kejadian ini, Google kini memperketat sistem keamanannya, dimana layanannya akan menginformasikan kepada penggunanya jika ada aplikasi tidak terverifikasi yang mencoba mengakses akun Google seorang penggunanya.

Dengan adanya keputusan dan perubahan sistem keamanan yang lebih ketat ini, maka nantinya para pembuat aplikasi yang memang memerlukan akses ke akun Google akan diwajibkan untuk melalui proses verifikasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan tanda “verified”.

Keseriusan Google menanggapi setiap celah keamanan seperti ini terbilang sangat melegakan bagi para pengguna layanannya. Semoga saja sikap serupa akan menular kepada pemberi layanan email lainnya. Bravo Google!

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s