Khawatir dengan keamanan data? Mainframe IBM Z jawabannya

Enkripsi adalah salah satu metode mengamankan data dengan mengacak data tersebut sehingga tidak dapat terbaca tanpa kunci algoritma yang tepat. Dengan implementasi enkripsi yang baik, maka walaupun data rahasia jatuh ke tangan pihak tidak berwenang, mereka akan kesulitan membuka data yang telah dikuasainya. Selama ini, proses enkripsi dilakukan hanya pada saat pengiriman data melalui media komunikasi ataupun pada saat menuliskan data ke media penyimpanan. Namun bagi perusahaan-perusahaan dengan tingkat kerahasiaan data yang tinggi, mungkin hal tersebut belumlah cukup.

Atas dasar kebutuhan seperti itu, IBM baru-baru ini merilis sebuah server mainframe, IBM Z (Z14), yang memang didisain dari awal untuk mengenkripsi seluruh data yang ada sejak ketika data tersebut diterima, diproses dan disimpan dalam server tersebut. IBM mengklaim bahwa mainframe nya mampu memproses 12 miliar transaksi terenkripsi dalam satu hari.

Mainframe IBM Z

Lalu mengapa server seperti ini baru hadir sekarang ini? IBM menjawab bahwa proses enkripsi menyeluruh memerlukan kinerja server yang sangat tinggi. Jika diimplementasikan pada server x86 biasa, maka proses enkripsi tersebut akan menurunkan kinerja server secara signifikan.  Nah, dengan tiga teknologi spesifik yang dikedepankan IBM (Pervasive Encryption Solutions, Tamper-responding Encryption Keys, dan Encrypted APIs), mainframenya dapat memproses enkripsi dengan kecepatan antara 3x sampai 18x lebih cepat daripada server server reguler yang menggunakan platform x86 (Intel ataupun AMD).

IBM lebih lanjut menekankan pentingnya ekripsi data, mereka mengungkapkan bahwa dari miliaran record data yang tercuri sejak tahun 2013, hanya sekitar 4% data yang terenkripsi. Hal ini membuat peluang penyalahgunaan data menjadi sangat tinggi. Google dan Apple menjadi dua pelopor penggunaan ekripsi secara agresif terhadap produk dan layanannya. Sudah saatnya perusahaan-perusahaan lainnya untuk menganggap penting enkripsi data.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s