Tampilan dus retail processor AMD Threadripper sudah diperlihatkan

AMD Threadripper, processor penantang Intel Core i9, sudah semakin dekat kehadirannya. Berbagai macam informasi mengenai processor ini sudah semakin lengkap bermunculan. Yang terakhir, Lisa Su, CEO AMD, mem-post gambar gambar dus retail processor Threadripper yang terlihat berukuran besar dengan bentuk tidak lazim. Jangan salah, AMD Threadripper memang berukuran besar, karena memang menggunakan basis soket yang hampir mirip dengan AMD EPYC yang diperuntukkan bagi server-server kelas tinggi.

Dari gambar-gambar yang beredar di Internet, box processor Threadripper sepertinya terbuat dari bahan styrofoam atau busa keras dengan plastik transparan besar di bagian depannya. Sekilas, di balik plastik tersebut terdapat sebuah motif berbentuk mata dengan logo lingkaran “Ryzen” yang khas di tengahnya. Sementara itu, sang processor Threadripper terlihat menunjukkan jatidirinya dibalik retina mata “Ryzen” tersebut. Box retail ini terbilang besar, jauh lebih besar daripada box processor yang sudah beredar saat ini. Ukuran besarnya dapat dilihat dari perbandingan box tersebut ketika dipegang oleh sang CEO sendiri. Tidak ada keterangan pasti mengenai apakah heatsink/fan sudah termasuk di dalam paket besar penjualannya.

Bagi pembaca yang mungkin sudah sedikit lupa dengan spesifikasi AMD Threadripper. Threadripper adalah processor high-end (non-server) dari AMD yang sementara ini memiliki dua model, 1950X yang memiliki 16 core dan 32 thread, serta 1920X yang memiliki 12 core dan 24 thread. Harga 1950X berada pada kisaran US$ 999 dan 1920X pada US$ 799. Threadripper menggunakan soket processor TR4 yang memiliki jumlah pin ‘bejibun’ 4096 buah, sebuah chipset X399 didisain untuk menyokong processor Threadripper ini dalam sebuah motherboard berkinerja tinggi.

AMD Ryzen Threadripper merupakan salah satu upaya penting AMD dalam mendobrak kekuasaan Intel, dua lainnya adalah processor AMD Ryzen dan AMD EPYC. Dan Intel berhasil dibuat ketar-ketir olehnya. Mari kita doakan semoga kompetisi antara keduanya akan memacu keduanya untuk berinovasi lebih cepat seperti halnya inovasi yang terjadi di dunia smartphone yang begitu gencar. Selamat datang AMD Threadripper.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s