Adobe Flash akan dihentikan distribusi dan update nya pada tahun 2020

Jika situs pembaca masih menggunakan Adobe Flash, sebaiknya mulailah bersiap untuk menggantinya dengan standar yang lebih baru dan lebih aman seperti HTML5 misalnya. Adobe secara resmi mengatakan bahwa distribusi dan patch Adobe Flash akan dihentikan pada tahun 2020 nanti.

Keputusan Adobe ini disambut hangat oleh nama-nama besar seperti Apple, Google, Microsoft dan lainnya, karena walaupun Flash memberikan para web designer dengan segala macam kemudahan dalam membangun sebuah situs yang indah dan interaktif, namun Flash juga menjadi sumber masalah dengan ditemukannya berbagai macam celah keamanan. Konsep desain aplikasi Flash yang “memudahkan” programmer ternyata juga “memudahkan” para hacker.

Saat ini, secara perlahan namun pasti, setiap browser ternama sudah secara default tidak lagi menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Flash, kecuali atas persetujuan pengguna browser itu sendiri. Flash sendiri, berdasarkan data dari W3Techs, masih digunakan pada sekitar 6,3% situs Internet di dunia, sebuah angka yang terkesan kecil namun berjumlah cukup banyak.

Sampai dengan waktu berakhirnya dukungan terhadap Flash tiba, Adobe masih akan mengupdate dan memberika patch terhadap produknya ini., namun sekali lagi, jika situs yang dimiliki pembaca masih menggunakan flash, mulailah membuka buku lagi untuk belajar menggunakan standar web-programming lain yang lebih aman dan open-source.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s