Chip Kirin 970 dari HiSilicon (Huawei) akan diproduksi masal mulai September ini

Sebagian pembaca mungkin belum begitu mengenal chip Kirin yang dibuat oleh HiSilicon ini. Namun perkembangan teknologi yang diusung oleh chip buatan anak perusahaan Huawei ini ternyata terbilang sangat pesat. Produknya saat ini, Kirin 960, merupakan salah satu chip yang mampu bertengger di posisi teratas bersandingan dengan nama nama besar seperti Qualcomm Snapdragon 835, Samsung Exynos 8895, serta Mediatek Helio X30. Sungguh bukan merupakan sebuah pencapaian yang patut dipandang sebelah mata. Dan HiSilicon juga tidak kemudian berdiam diri dengan pencapaiannya tersebut.

Mereka baru baru ini mengumumkan bahwa buah hati terbarunya, Kirin 970, akan mulai diproduksi pada bulan September 2017 nanti, dan seperti biasa, sebagian besar dari chip ini akan digunakan pada produk-produk smartphone dan tablet yang akan diluncurkan oleh Huawei.

Kirin 970 yang diprediksi merupakan chip 8-core (4 core Cortex-A73 dan 4 core Cortex-A53) akan diproduksi oleh TSMC dengan proses fabrikasi canggih 10nm-nya. Chip terbaru ini akan menggunakan GPU 12-core yang disebut-sebut memiliki kemampuan jauh lebih tinggi daripada apa yang diusung oleh Kirin 960.

Seperti apa performa Kirin 970 nanti? kita tunggu saja perbandingannya dengan chip-chip yang sudah hadir lebih dahulu seperti Snapdragon 835. Beberapa rumor mengatakan bahwa performa Kirin 970 akan menyamai atau bahkan melebihi chip top-end Qualcomm saat ini, 835. Namun ingat, Qualcomm tidak lama lagi juga akan meluncurkan Snapdragon 845 yang lebih cepat lagi. Perlombaan belum selesai, dan sepertinya belum akan selesai dalam waktu dekat.

(sumber: GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s