Kecepatan USB 3.1 terasa kurang? tenang, nanti akan ada USB 3.2

Dalam waktu sekitar 2 bulan lagi (September 2017), USB Promoter Group akan memfinalisasi spesifikasi terbaru USB 3.2. USB 3.2, jika nanti sudah resmi diluncurkan, akan memiliki kecepatan 2x lipat lebih cepat daripada USB 3.1 Gen 2 yaitu 20 Gbps. Produk masal yang menggunakan standar USB 3.2 ini diperkirakan baru akan muncul dalam 1-2 tahun yang akan datang, namun, kemunculan USB 3.2 ini memberi angin segar bagi mereka yang sering melakukan transfer data besar. Standar koneksi yang jauh lebih cepat (40 Gbps) memang sudah ada yaitu Thunderbolt, namun harganya terbilang belum merakyat.

Bagaimana USB 3.2 mampu mencapai kecepatan lebih tinggi ini? jawabannya sesungguhnya tidak terlalu rumit. Kabel-kabel USB yang sudah disertifikasi untuk dapat berjalan pada standar USB 3.1 Gen 2 sebetulnya telah memiliki empat pasang kabel yang dapat digunakan untuk proses transfer data. Pada standar USB 3.1 Gen 2, baru 2 pasang kabel yang digunakan, sedangkan 2 pasang lainnya dibiarkan tidak aktif. Nah, pada standar baru USB 3.2, ke-empat pasang kabel yang ada akan dimanfaatkan seluruhnya untuk mengirim dan menerima data, otomatis kapabilitasnya menjadi 2x lebih cepat.

Yuk kita berharap semoga standar USB 3.2 ini akan cepat muncul dan diimplementasikan pada perangkat gadget masa depan, dengan demikian, proses transfer file ataupun film berukuran besar tidak lagi menguji kesabaran kita.

(sumber: Ars Technica)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s