Smartphone dan tablet dapat dibuat ‘crash’ karena chip Wifi di dalamnya

Para hacker di konferensi Black Hat, mendemokan bahwa pada beberapa chip Wifi yang banyak digunakan oleh smartphone dan tablet terdapat sebuah celah keamanan yang jika dimanipulasi akan dapat membuat gadget yang digunakan menjadi ‘crash’ alias berhenti bekerja.

sumber gambar: Citrix

Nitay Artenstein, peneliti keamanan dari Exodus Intelligence, menemukan bahwa beberapa chip Wifi dari Broadcom seri BCM43, termasuk di dalamnya BCM4354, BCM4358 dan BCM4359, memiliki celah keamanan yang berpotensi membuat gadget ‘crash’. Seorang hacker yang berniat memanfaatkan celah keamanan ini hanya perlu memastikan bahwa Wifi pada smartphone sang korban aktif berada pada area coverage Wifi smartphone tersebut. Sang hacker bahkan tidak perlu terhubung dengan Wifi smartphone korban.

Google dan Apple, setelah diinformasikan mengenai hal ini, sudah membuat patch untuk menutupi celah keamanan hardware ini. Namun pihak Broadcom, sebagai supplier hardware, justru belum memberikan jawaban lebih lanjut. Celah keamanan ini menjadi begitu penting untuk diperhatikan karena chip Wifi dari Broadcom sangat banyak digunakan oleh berbagai vendor terkemuka seperti Google, Samsung, bahkan Apple.

(sumber: CNet)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s