Para pembuat WannaCry(pt) akhirnya menguangkan kumpulan uang tebusan BitCoin-nya senilai hampir 2 miliar rupiah

Ransomware WannaCry(pt) yang sempat membuat para pengguna PC pribadi dan perusahaan panik sampai dengan baru-baru ini, berhasil mengumpulkan uang BitCoin senilai hampir 2 miliar rupiah. Uang tersebut berasal dari pembayaran tebusan dari para korban yang data-data pada komputernya dienkripsi oleh WannaCry(pt). Melihat dari tingkat penyebaran WannaCry(pt) yang terbilang masif dan meluas, angka tebusan 2 miliar rupiah sebetulnya bukanlah angka yang terlalu besar, namun tetap “lumayan” untuk mengisi pundi-pundi tabungan para hacker pembuat ransomware tersebut.

WannaCry(pt) memanfaatkan beberapa celah keamanan lama pada sistem operasi Microsoft Windows yang sebetulnya sudah di-patch oleh Microsoft pada awal tahun 2017 ini. Namun, rasa enggan sebagian besar pengguna komputer untuk mengupdate sistem operasi yang digunakan membuat mereka menjadi korban empuk dari ransomware seperti ini. Kehebohan WannaCry(pt) memaksa Microsoft untuk mengeluarkan patch untuk sistem operasi jadul mereka, seperti Windows XP, yang secara resmi sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.

Kemarin malam, para pembuat WannaCry(pt) akhirnya menguangkan seluruh BitCoin yang mereka telah kumpulkan, hal ini terbilang merupakan aksi yang nekad, karena sudah pasti para pihak penyidik dari kepolisian dan berbagai lembaga federal lainnya akan mengawasi pergerakan akun BitCoin mereka. Lalu apakah pihak berwenang berhasil mengendus dalang dari ransomware yang menghebohkan ini? kita tunggu saja berita selanjutnya.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s