Facebook mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk menangkal iklan jebakan

Seberapa sering pembaca terjebak oleh iklan yang ketika di-klik justru menampilkan situs yang sama sekali tidak berhubungan dengan produk pada tampilkan iklan tersebut? Nah, Facebook sepertinya sudah sangat terganggu dengan banyaknya pemasang iklan jebakan seperti ini. Sebelumnya Facebook sudah memiliki tim khusus yang secara rutin mereview iklan-iklan akan dipasang sebelum ditampilkan pada laman Facebook. Namun, banyak pengiklan yang “cerdik” yang mengirimkan tautan halaman sama namun dengan isi yang berbeda antara yang diajukan untuk direview dengan yang pada akhirnya benar-benar dipasang pada laman Facebook. Seperti kita ketahui, Facebook memiliki aturan ketat terhadap iklan iklan yang masuk ke dalam kategori dilarang, seperti iklan-iklan konten dewasa, iklan penipuan, serta berbagai iklan berbahaya lainnya.

Atas fakta semakin sulitnya secara rutin memonitor iklan-iklan tipuan seperti ini, Facebook akhirnya mulai menggunakan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk membantu tim reviewernya bekerja lebih efisien. Sejak diimplementasikannya sistem filtering baru ini, Facebook menyatakan bahwa mereka sudah berhasil menghapus ribuan iklan yang menjebak tanpa mempengaruhi para pengiklan yang sudah bertindak sesuai aturan. Facebook lebih lanjut mengatakan bahwa para pengiklan “jahat” ini bertindak menipu dengan sengaja, sehingga memaksa Facebook untuk menyingkirkan mereka dari situs Facebook.

Semoga saja dengan semakin lamanya sistem kecerdasan buatan ini dipergunakan, halaman Facebook kita akan menjadi lebih “bersih”, bebas dari iklan-iklan mengganggu dan berimplikasi negatif terhadap para pengguna Facebook, baik itu pengguna dewasa ataupun pengguna remaja.

(Sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s