Processor Intel generasi ke-8 (Coffee Lake) akan diumumkan 21 Agustus nanti

Intel sepertinya mengakselerasi perkenalan produk-produk terbarunya, terima kasih pada AMD yang kini sudah memiliki senjata lumayan ampuh, AMD Ryzen, Threadripper, dan EPYC untuk melawan Intel. Setelah beberapa tahun bertahan dengan processor berjumlah core “pas-pasan”, kini Intel mulai mengintegrasikan lebih banyak core pada seluruh jajaran processornya. Revolusi Intel ini akan dimulai pada processor generasi ke-8 yang sering disebut dengan kode Coffee Lake. Belum ada detail spesifikasi Coffee Lake, namun pada dasarnya, Coffee Lake merupakan processor yang dibuat dengan proses 14nm (sama dengan beberapa pendahulunya) namun memiliki jumlah core lebih banyak dengan tingkat penggunaan daya yang tetap sama dengan generasi ke-7.

Pada kelas Core i3 dan Pentium, Intel diperkirakan akan menyematkan 4 buah, sebuah kemajuan jika dibandingkan dengan processor saat ini yang hanya memiliki 2 buah core fisik. Sementara pada Core i5 dan i7, sebanyak 6 buah core akan ada pada processor-processor terbaru Intel ini.

Processor generasi ke-8 ini diharapkan Intel dapat menghentikan euforia masyarakat IT terhadap processor-processor keluaran AMD yang memiliki jumlah core lebih banyak yang disebut-sebut memiliki kinerja unggul untuk aplikasi-aplikasi multitasking dan multithreading modern. Tetap digunakannya process 14nm pada Coffee Lake memungkinkan Intel untuk merespons cepat terhadap perlawanan AMD sambil tetap mempersiapkan processor Cannonlake yang lebih modern lagi. Kita tunggu bagaimana komparasi antara para jagoan dari kedua kubu ini. Semoga persaingan ketat ini membuat dunia PC dan Notebook bergairah kembali.

(Sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s