Microsoft membangun platform kecerdasan buatan berkecepatan ‘real-time’

Hampir semua perusahaan raksasa teknologi informasi sepertinya berlomba-lomba mengimplementasikan sistem kecerdasan buatan sebagai bagian dari layanan dan penggunaan internal perusahaan. Microsoft, salah satunya, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang membangun sebuah platform kecerdasan buatan yang diberi nama Project Brainwave yang dapat memproses data secara real-time, alias nyaris tanpa jeda waktu. Penggunaan Artificial Intelligence oleh Microsoft ini bukanlah yang pertama kali mereka lakukan, namun proyek inilah yang paling agresif mengutamakan kemampuan pemrosesan data.

Bekerja sama dengan Intel yang menyediakan chip hardware  FPGA Stratix 10, platform Microsoft ini dapat memproses tugas machine-learning sampai dengan 39.5 Teraflops dengan latensi kurang dari 1 milidetik. Dalam kenyataannya, platform Microsoft ini dapat memproses tugas AI yang kompleks segera setelah menerima data pertama.

Selain memiliki keunggulan performa, platform Microsoft dan Intel ini memiliki fleksibiltas yang lebih baik, dimana processing engine AI dapat dirubah dan disesuaikan dengan cara memodifikasi firmware pada chip FPGA Intel. Bandingkan dengan solusi hardware AI lain yang cenderung hard-coded dan sulit dimodifikasi setelah implementasi awal.

Project Brainwave akan ditawarkan sebagai salah satu fitur pada layanan Azure milik Microsoft, sehingga perusahaan ataupun institusi eksternal dapat memanfaatkan kemampuan AI real-time tersebut.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s