Samsung Galaxy Note 8 sudah resmi diluncurkan!

Salah satu smartphone (phablet) yang paling dinanti tahun ini akhirnya resmi melenggang. Samsung Galaxy Note 8 merupakan usaha habis-habisan Samsung untuk menghapus memori buruk akibat insiden Galaxy Note 7 tahun lalu. Samsung sadar betul bahwa kali ini mereka tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun. Hasilnya? sebuah smartphone yang sampai detik ini menjadi tolok ukur utama dalam hal desain, spesifikasi, dan fitur.

Desain yang dianut Note 8 merupakan turunan dari Galaxy S8 yang sudah lebih dulu hadir. Bagian depannya nyaris seluruhnya dibalut oleh layar 6,3 inci Super AMOLED ber-resolusi 1440 x 2960 dengan sisi kiri kanan yang diberikan lengkungan artistik. Tidak ada tombol fisik disini, berbeda dengan Note 7 yang masih menyertakan sebuah tombol fisik.

Bagian belakangnya tampil berbeda dengan Galaxy S8, pada Note 8 belakangnya terlihat lebih simetris, lebih rapih, dengan kamera ganda yang bahu membahu memberikan hasil foto terbaik siang ataupun malam. Kamera ganda utamanya masing-masing memiliki resolusi 12 MP, satu kamera dengan lensa f/1.7, sedangkan kamera kedua-nya merupakan kamera dengan lensa telefoto dengan kemampuan zoom optik 2x, f/2.4. Konfigurasi yang dipilih Samsung memang mirip dengan apa yang diusung Apple pada iPhone 7 Plus, namun ada beberapa hal yang membuat kamera Note 8 lebih canggih dan berpotensi menghasilkan gambar yang lebih baik.

Yang pertama, kedua lensa kamera utama ini dilengkapi dengan OIS atau Optical Image Stabilizer, dengan fitur ini otomatis gambar dapat diambil dengan kondisi lebih stabil, tanpa getaran berlebih yang dapat membuyarkan fokus. Kedua, sensor pada salah satu kamera utamanya sudah menggunakan teknologi Dual-Pixel, yang terbukti dapat menangkap cahaya lebih banyak dengan kecepatan fokus yang tinggi, sehingga foto yang dihasilkan lebih cerah dan tajam. Pada Note 8, Samsung juga menyematkan fitur efek bokeh yang mereka sebut dengan Live Focus, dimana pengguna dapat menentukan titik fokus setelah pengambilan gambar, lalu membuat blur objek yang tidak menjadi fokus foto.

Bagaimana dengan kamera selfie-nya? sama dengan Samsung Galaxy S8, kamera depannya merupakan kamera dengan sensor 8 MP yang memiliki fitur autofocus.

Pada bagian belakang Note 8 juga terdapat pemindai sidik jadi yang posisinya mungkin agak sulit dijangkau, namun posisinya sekarang sudah lebih baik daripada pada Galaxy S8 yang terlalu berdekatan dengan lensa kamera. Lalu S-Pen, pena stylus khas kasta Note Samsung ini kini memiliki tingkat sensitifitas dan akurasi lebih tinggi. S-Pen baru dapat mengenali sampai dengan 4096 tingkat tekanan.

Oh ya, hampir saja lupa, pada setiap paket pembelian Note 8, Samsung akan menyertakan sebuah earphone kelas premium AKG yang sudah di-‘tuned’ oleh Harman Kardon. Sebuah smartphone canggih sudah sepatutnya dipasangkan dengan earphone bersuara indah juga bukan?

Selesai membahas bagian eksternalnya, kita bahas bagian internalnya yang seharusnya dapat mendukung berbagai fitur canggih yang dimiliki smartphone ini. Processornya? ada dua pilihan bergantung wilayah, di beberapa negara, Galaxy Note 8 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 835, sementara di beberapa belahan negara lainnya, Samsung Exynos 8895 menjadi pilihan processornya. Memori RAM nya kini 6 GB,  sementara penyimpanan internalnya disediakan dengan pilihan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Ada satu hal kecil yang mungkin akan mengganjal para calon pembeli Note 8, apa itu? ukuran baterainya. Note 8 memiliki ukuran baterai “hanya” 3300 mAh, lebih kecil daripada ukuran baterai 3500 mAh pada Galaxy S8. Mungkin Samsung sedikit khawatir dengan kejadian pada Note 7 sebelumnya sehingga mereka bermain aman disini. Apakah ukurannya yang lebih kecil ini akan mengorbankan daya tahan operasinya? kita lihat saja nanti review nya. Bisa jadi daya tahannya akan tetap baik jika processor yang ada pada Note 8 sudah diberikan optimalisasi baru.

Note 8 akan mengusung sistem operasi Android veri 7.1.1 Nougat yang dibalut dengan interface tambahan Samsung Experience UX. Belum menggunakan Android 8.0 Oreo memang, tapi yakinlah bahwa dalam waktu tidak terlalu lama, Note 8 akan mendapatkan sistem operasi Android terbaru itu.

Samsung Galaxy Note 8 akan mulai didistribusikan pada tanggal 15 September nanti, tersedia dalam 4 warna: Midnight Black, Orchid Grey, Maple Gold, dan Deepsea Blue. Harganya? sudah pasti premium, dengan harga dimulai dari US$ 930 (di Amerika Serikat). Bagaimana? tertarik untuk segera memboyong smartphone ini? atau masih menunggu Apple iPhone 8? manapun diantara keduanya yang pembaca pilih, keduanya merupakan smartphone yang memiliki teknologi terunggul yang tersedia saat ini.

Video perkenalan Samsung Galaxy Note 8 dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Phone Arena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s