Samsung masih merajai pangsa pasar smartphone dunia

Samsung masih menjadi yang terbesar dan terkuat di dunia smartphone. Paling tidak dari sisi pangsa pasar. Laporan analisa pangsa pasar dunia dari Gartner menyebutkan bahwa Samsung kini memiliki pangsa pasar 22,5%, sedikit meningkat dari angka 22,4 % tahun lalu. Di posisi kedua, masih tetap juga ada Apple, dengan marketshare 12,1 % — menurun agak banyak dibandingkan 12,9 % yang mereka peroleh tahun lalu. Namun patut menjadi catatan, pencapaian marketshare Apple ini merupakan prestasi yang belum tentu dapat dicapai oleh vendor lainnya, mengingat bahwa ia merupakan satu-satunya produsen smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS. Apple dikelilingi oleh para pesaing yang masing-masing menggunakan sistem operasi Android.

Lalu siapakah yang  menggerogoti pangsa Apple?  ternyata para pabrikan smartphone dari negeri tirai bambu sana yang berhasil meningkatkan pangsa pasarnya. Huawei, Oppo dan Vivo, menempati urutan 3, 4, dan 5. Ketiganya berhasil meningkatkan marketsharenya menjadi 9,8 %, 7,1%, dan 6,6%. Vivo menjadi produsen dengan peningkatan marketshare terbesar, sekitar 70,8% peningkatan penjualan.

Sementara itu, berbagai nama lainnya, seperti Xiaomi, LG, Lenovo, dan lainnya, tidak lagi masuk ke dalam 5-besar produsen smartphone per kuartal kedua tahun 2017 ini.

Tabel lengkap marketshare smartphone yang dirilis oleh Gartner dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Gartner via PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s