Hacker mendapatkan lebih dari 200 ribu data kartu kredit dari Equifax

Equifax, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penaksiran resiko kredit, dalam pernyataan resminya menyatakan bahwa selain 143 juta data yang berisikan data pribadi seperti nomor identifikasi (SSN, Social Security Number), nama, alamat lengkap, tanggal lahir, hacker juga ternyata berhasil mendapatkan data kartu kredit dari sekitar 209 ribu pengguna kartu kredit Visa dan Mastercard. Semua data ini diperoleh hanya dalam satu hack, demikian menurut peneliti keamanan Brian Kerbs.

sumber gambar: Citrix

Informasi lain menyebutkan bahwa Visa dan Mastercard secara diam-diam sudah menginformasikan lembaga-lembaga keuangan di Amerika Serikat mengenai kejadian ini dan memperingatkan mereka mengenai potensi penggunaan kartu kredit illegal yang mengatasnamakan ke-209 ribu pelanggan mereka.

Sangat disayangkan bahwa Equifax tidak segera menginformasikan kejadian ini dengan segera. Equifax ditenggarai mengetahui hack ini pada tanggal 29 Juli yang lalu, namun memutuskan untuk menunggu lebih dari 1 bulan untuk akhirnya menginformasikannya kepada khalayak umum.

Dalam pernyataan resminya, Equifax menyebutkan bahwa hack ini berhasil dilakukan karena terlambatnya mereka menginstalasikan patch yang berhubungan dengan celah keamanan Apache Struts (CVE-2017-5638). Patch ini sebetulnya sudah ada sejak bulan Maret 2017 yang lalu, namun tim IT Equifax tidak menginstalasikan patch tersebut sampai dengan 2 bulan kemudian.

Pengguna kartu kredit di Indonesia mungkin tidak perlu khawatir, walaupun tetap harus waspada, karena tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa pengguna kartu kredit di luar Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris terimbas oleh hack besar-besaran ini. Namun walaupun begitu, sebaiknya pembaca yang sering menggunakan kartu kredit sering-seringlah membaca secara seksama lembar tagihan yang datang, pastikan tidak ada transaksi mencurigakan pada kartu kredit yang dimiliki.

(sumber: CNet, Wikipedia, Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s