Program populer CCleaner sempat terinjeksi malware oleh hacker

CCleaner adalah salah satu program utility Windows yang penulis anggap sangat berguna. Sudah bertahun-tahun lamanya penulis menggunakan program ini dan selama itu pula ia selalu bekerja sempurna. Namun baru-baru ini muncul sebuah informasi resmi yang mengagetkan dari Piriform (pembuat CCleaner yang baru saja diakusisi oleh Avast!). Berdasarkan informasi  dari para peneliti keamanan data di Cisco Talos, Piriform mengkonfirmasi bahwa aplikasi CCleaner versi 32-bit yang di download dari server-server resmi pada rentang waktu antara 15 Agustus (versi 5.33) sampai 11 September ternyata telah diinjeksi dengan kode malware oleh hacker penyusup yang berhasil mengganti aplikasi asli dengan aplikasi yang telah dimodifikasi.

Atas temuan ini, Piriform langsung mengupdate aplikasinya dengan versi 5.34 pada tanggal 12 September yang sudah bebas dari malware. Malware pada CCleaner 5.33 32-bit ini dapat dibilang ditemukan secara tidak sengaja oleh peneliti di Cisco Talos. Mereka pada saat itu sedang menguji coba sistem deteksi malware mereka yang langsung mendeteksi bahwa terdapat aktifitas tidak normal yang dilakukan oleh aplikasi CCleaner 5.33 tersebut. Setelah dilakukan penelitian lebih dalam, ternyata terdapat aktifitas dimana CCleaner “palsu” ini mendownload aplikasi lain dari server Command and Control yang memiliki alamat IP terprogram didalamnya.

Menurut Avast!, diperkirakan sekitar 2,27 juta pengguna komputer telah mendownload aplikasi bermasalah tersebut, namun dengan segera menerbitkan versi terbaru, Avast! menyatakan bahwa mereka telah berhasil meredam potensi masalah yang mungkin muncul akibat insiden ini.

Jadi, jika pembaca menggunakan CCleaner, jangan abaikan notifikasi update yang muncul ketika program tersebut dijalankan. Lebih baik aman daripada menyesal di kemudian hari.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s