Jika iPhone X laku keras, Apple bukan satu-satunya yang akan meraup keuntungan

Beberapa pengamat bisnis memprediksi bahwa smartphone teranyar Apple, iPhone X, akan laku keras di pasaran — ya, walaupun dibanderol dengan harga selangit. Namun selidik punya selidik, jika benar iPhone X akan banyak terjual, maka Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang akan tersenyum lebar. Satu lagi perusahaan akan meraup untung dari penjualan iPhone X, ia adalah Samsung, ya benar, Samsung sang pesaing utama Apple. Kenapa? Karena layar OLED dan chip storage yang digunakan iPhone X merupakan hasil produksi dari Samsung. Dari setiap unit iPhone X yang terjual, diperkirakan Samsung akan meraup pendapatan US$ 110.

Dengan prediksi penjualan iPhone X yang akan mencapai 130 juta unit sampai dengan musim panas tahun depan, para analis pasar di Counterpoint Technology menyebutkan bahwa pendapatan Samsung atas digunakannya komponen mereka pada smartphone Apple tersebut adalah US$ 14,3 miliar — lebih tinggi dari perkiraan pendapatan dari Samsung Galaxy S8 yang diperkirakan sekitar US$ 10,1 miliar.

Atas fakta ini, tidak heran jika Apple kemudian sibuk mendekati dan berinvestasi pada berbagai produsen komponen alternatif. Apple sempat dikabarkan mendekati LG sebagai pensuplai layar OLED terbesar kedua setelah Samsung, dan Apple biasanya tidak main-main dengan keinginannya untuk melepaskan diri dari para suplier komponen yang terlalu dominan dalam produknya. Chip processor utama dan chip processor grafis yang didesain secara mandiri sudah menjadi bukti nyata bahwa Apple memiliki tekad dan kemampuan untuk melepaskan ketergantungannya dari pihak lain.

(Sumber: Notebookcheck.net)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s