Perangkat yang menggunakan standar USB 3.2 akan mulai muncul pada awal tahun 2018

Siapa yang tidak suka dengan kecepatan? Makin maraknya penggunaan SSD sebagai media penyimpanan pada laptop maupun PC merupakan bukti bahwa konsumen memerlukan (atau menginginkan?) kecepatan.

Port USB yang populer digunakan sampai dengan saat ini memiliki beragam kecepatan, mulai dari sangat lambat (USB 2.0), agak cepat (USB 3.0) dan lebih cepat (USB 3.1). Asyiknya, kini standar implementasi USB 3.2 sudah hampir final dan akan selesai sebelum akhir tahun 2017 ini  dengan hardware yang mulai bermunculan pada awal tahun 2018 nanti.

USB 3.2 memiliki kemampuan transfer sampai dengan 20 Gbps (atau sekitar 2,5 GBps) yang berarti 2x lebih cepat daripada standar USB 3.1 saat ini. Perkembangan kecepatan yang pesat ini dimungkinkan karena USB 3.2 menggunakan proses signaling dan encoding yang sama persis dengan USB 3.1, hanya saja USB 3.2 menggunakan jumlah jalur fisik data yang lebih banyak.

Seperti sebelum-sebelumnya, standar USB terbaru ini akan tetap kompatibel dengan standar USB 3.1, 3.0, serta 2.0. Bahkan jika pembaca sudah memiliki kabel USB Type-C yang terbaru, maka kabel tersebut dapat dimanfaatkan untuk mentransfer data antara dua perangkat USB 3.2 dengan kecepatan maksimal 20 Gbps.

(sumber: PCPer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s