Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL akhirnya meluncur! Waspadalah Apple dan Samsung

Jika hanya melihat bentuk fisik, maka smartphone tercanggih lansiran Google ini tidak akan terlihat cantik ataupun mewah. Google tidak terlalu terjebak dengan trend masa kini yang terlalu mengagungkan bezel yang tipis, namun dari sisi kinerja dan fungsi, Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL memiliki banyak amunisi untuk melawan iPhone 8/8 Plus/X dan Galaxy S8 serta Note 8 sekalipun.

PIXEL 2
Kita mulai dengan Pixel 2. Smartphone ini memiliki layar OLED berukuran 5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Processor utamanya menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang disandingkan dengan RAM 4 GB serta penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Tampilan depannya mungkin terlihat sedikit agak ketinggalan dengan bezel atas dan bawah yang cukup lebar, namun bezel tebal tersebut bukan tanpa fungsi — karena Pixel 2 ini dilengkapi dengan dua buah speaker berkualitas untuk output suara yang lebih optimal.

Bagaimana dengan bagian belakangnya? Pixel 2 dibuat dengan desain two-tone alias dua warna, dimana pada bagian dekat lensa kameranya dilapisi dengan kaca. Disini terlihat bahwa Google lagi-lagi tidak latah mengikuti trend kamera dengan dua lensa. Pixel 2 (dan Pixel 2 XL) hanya memiliki satu buah kamera utama. Resolusinya 12 Megapixel yang dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel, OIS, EIS, dengan sensor 1/2.6″, aperture f/1.8. Dari spesifikasi yang “terlihat” biasa saja ini apakah hasilnya juga biasa saja? aaaahhh sama sekali tidak. Untuk memastikan bahwa hasil jepretan kameranya ada pada tingkat tertinggi, Google menjejali smartphonenya dengan berbagai macam teknologi berbasis software yang mampu mengoptimalkan setiap jepretan di setiap suasana. HDR+? ada, Portrait Mode? juga ada. Bahkan disini, Google mengimplementasikan teknologi Dual Pixel dengan metode yang sangat pintar untuk menghasilkan efek bokeh.

Kepiawaian para programmer Google terbukti dengan skor DxOMark Pixel 2 yang mendapatkan nilai rata-rata 98! Bandingkan dengan skor yang diperoleh Apple iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 2 yang “hanya” 94 saja. Mengagumkan bukan? terlebih jika mengingat bahwa Pixel 2 tidak menggunakan 2 lensa untuk mencapai skor tertinggi ini.

Kamera depannya mengusung sensor 8 MP dengan teknologi pengenalan wajah yang canggih.

Oh ya, Pixel 2 sudah mendapatkan rating IP67, jadi pengguna tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya jika terciprat air atau bahkan jatuh kedalam air selama beberapa saat. Dan untuk ukuran baterai, Pixel 2 mengusung baterai berukuran 2700 mAh.

PIXEL 2 XL
Sedikit berbeda dengan adiknya Pixel 2, Pixel 2 XL memiliki desain bezel yang lebih kekininan — lebih tipis, namun masih tidak setipis para pesaingnya. Pixel 2 XL merupakan smartphone berlayar OLED 6 inci dengan aspect ratio 18:9. Resolusinya 1440 x 2880, dengan sedikit lengkungan pada sisi sisi layarnya.

Bagian belakangnya menganut konsep yang sama dengan Pixel 2, dimana terdapat dua jenis material, kaca dan metal. Bagian atas dimana terdapat lensa kamera, dilapisi dengan kaca, sementara bagian bawahnya dibalut dengan metal. Tampilan belakangnya dibuat cantik dengan penggunaan dua warna. Kameranya? sama persis dengan Pixel 2, hanya terdapat 1 buah kamera 12 MP saja, namun seperti halnya pada Pixel 2, smartphone ini dijejali dengan begitu banyak software canggih yang membuat hasil jepretannya terbilang fenomenal. Kamera utama Pixel 2 XL juga dilengkapi dengan OIS, EIS dan Dual Pixel. Sementara kamera selfie nya mengusung  sensor 8 MP.

Bagaimana dengan komponen internalnya? canggih pastinya. Dengan processor Snapdragon 835 dan RAM 4 GB yang dipasangkan dengan storage 64 GB atau 128 GB. Kompartemen baterainya diisi dengan baterai berukuran cukup besar yaitu 3520 mAh yang seharusnya cukup untuk mentenagai smartphone ini sehari atau dua hari.

Pixel 2 XL ini juga disertifikasi IP67 sehingga tahan air pada kedalaman dan durasi tertentu. Dan oh ya, seperti halnya smartphone modern sekarang ini, Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama sama menanggalkan port headphone dan menggantikannya dengan dongle converter, cukup merepotkan, namun trendnya sudah seperti itu untuk meminimalisasi ketebalan fisik smartphone.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL akan mulai tersedia di Australia, Canada, Jerman, Inggris, India dan Amerika Serikat sekitar akhir Oktober dengan harga sebagai berikut:

PIXEL 2 64 GB: US$ 650
PIXEL 2 128 GB: US$ 750
PIXEL 2 XL 64 GB: US$ 850
PIXEL 2 XL 128 GB: US$ 950

Belum ada kabar resmi mengenai ketersediaan unit Pixel 2 dan Pixel 2 XL di Indonesia.

Beberapa video kecanggihan dua smartphone terbaru Google dapat dilihat di bawah ini:

(sumber: Pixel 2 – PhoneArena, Pixel 2 XL – PhoneArena, DxOMark – GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s