Peneliti di MIT menemukan teknologi kamera yang mampu memperkirakan keberadaan objek yang tertutup objek lainnya

Para peneliti CSAIL dari MIT menemukan sebuah metode yang memungkinkan sebuah kamera untuk mendeteksi adanya objek yang terhalangi oleh objek lainnya, seperti pada sebuah pojok ruangan yang terhalangi tembok misalnya, atau pada sebuah tikungan jalan. Algoritma yang ditemukan oleh para peneliti canggih dari MIT ini sebetulnya meniru bagaimana mata manusia mendeteksi kemungkinan adanya objek lain yang sebetulnya tidak terlihat secara langsung. Mata kita dapat mendeteksi gerakan cahaya lampu mobil pada sebuah tikungan jalan di malam hari misalnya dimana gerakan cahaya tersebut kemudian diinterpretasikan oleh otak kita sebagai potensi keberadaan sebuah mobil lain.

Pada teknologi kamera yang ada saat ini, pendeteksian adanya sebuah objek hanya dapat dilakukan jika objek tersebut benar-benar terlihat. Nah, dengan algoritma terbaru dari para peneliti ini, sebuah kamera dapat mendeteksi gerakan cahaya ataupun bayangan pada lantai untuk memperkirakan adanya objek tak terlihat yang tertutupi objek lain. Hebatnya, penemuan mereka ini terbilang handal, karena dapat melakukan pendeteksian dalam berbagai tingkat pencahayaan, baik malam hari maupun siang hari, bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

Algoritma pendeteksiannya memang belum sempurna, karena sistem yang dibuat terkadang masih dibuat bingung dengan lingkungan cahaya yang sering berubah-rubah atau pada lingkungan dimana tidak ada cahaya sama sekali. Namun tim yang terlibat yakin bahwa mereka tidak lama lagi akan menemukan solusi dari masalah tersebut.

Jika akhirnya teknologi kamera baru ini sudah siap pakai dan siap produksi, maka mobil-mobil modern yang ‘pintar’ nanti akan memiliki kemampuan lebih dimana kamera pada mobil tersebut akan dapat memperkirakan adanya seorang penyeberang jalan yang terhalangi mobil lain misalnya. Canggih bukan?

(sumber: Engadget)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s