Hampir semua perangkat yang menggunakan Wifi, berpotensi di hack dengan “Krack Attacks”

Para peneliti di KU Leuven University, Mathy Vanhoef dan Frank Piessens, menemukan celah keamanan serius yang berimplikasi pada semua jenis perangkat gadget dan komputer yang menggunakan Wifi, apapun sistem operasinya. Memang, keduanya lebih lanjut menyebutkan bahwa tingkat bahaya celah keamanan ini lebih tinggi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Linux dan Android.

Krack Attack ini pada dasarnya dapat menipu perangkat untuk terhubung dengan jaringan wifi palsu (rogue) dalam proses otentikasi sehingga kunci enkripsi WPA2 dapat dibuka sehingga setiap paket data yang ditransmisikan antara dua perangkat dapat dibaca isinya. Pada  sistem operasi Android dan Linux, bahkan Krack Attack dapat membuat kunci enkripsinya dibuat nol seluruhnya dan bahkan berpotensi mem-bypass koneksi HTTPS sehingga informasi username, password ataupun PIN dapat dibaca oleh seorang hacker.

Atas temuan ini, berbagai vendor perangkat jaringan kini sedang bekerja keras menyiapkan firmware terbaru untuk perangkat-perangkat mereka. Pengguna Windows 10 sedikit lebih beruntung, karena jika pada 10 Oktober yang lalu sudah menginstalasikan patch rutin, maka masalah Krack Attack ini tidak akan mempengaruhi PC ataupun Laptop pengguna. Google dan Apple juga menyatakan bahwa dalam beberapa saat kedepan akan mendistribusikan patch terhadap Android, iOS, dan MacOS untuk menutup celah keamanan berbahaya ini.

Apapun sistem operasi yang digunakan, sangat dianjurkan untuk segera mendownload dan menginsalasikan patch terbaru begitu patch nya tersedia.

Di bawah ini adalah sebuah video demonstrasi, dimana para peneliti keamanan memperlihatkan cara mereka melakukan Krack Attack ini pada sistem operasi Android dan Linux.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s