Snapdragon 636, chip kelas menengah rasa high-end

Qualcommm baru baru ini memperkenalkan chip kelas menengah terbarunya untuk mendampingi Snapdragon 660 sudah lebih dulu hadir. Chip tersebut diberi nama Snapdragon 636 — chip ini diposisikan untuk meneruskan tahta yang sebelumnya dipegang oleh Snapdragon 630, tapi walaupun penamaannya tidak berbeda jauh, ternyata spesifikasi internalnya memiliki perbedaan signifikan lho!

Jika Snapdragon 630 sebelumnya menggunakan 8 buah core Cortex-A53, kini Snapdragon 636 menggunakan 8 buah core Kryo 260. Dengan menggunakan core racikan internal ini, Qualcomm mengklaim bahwa performa 636 lebih cepat sekitar 40% dibandingkan dengan Snapdragon 630, sebuah peningkatan performa yang cukup signifikan, mendekati performa Snapdragon 660 yang memiliki struktur internal kurang lebih sama dan hanya dibedakan dalam hal frekuensi operasi yang lebih cepat. Setiap core Kryo 260 pada Snapdragon 636 bekerja pada frekuensi 1.8 GHz, sementara pada Snapdragon 660, mereka bekerja pada frekuensi 2.2 GHz.

Snapdragon 636 ini juga dilengkapi dengan teknologi modem canggih  X12 LTE yang dapat mencapai kecepatan download sampai dengan 600 Mbps dan upload sampai dengan 150 Mbps. Sementara pemroses grafisnya pun ikut dipoles, dengan menggunakan GPU Adreno 509 yang mendukung resolusi FHD+ pada layar berasio 18:9. Untuk pemrosesan jepretan kamera, Snapdragon 636 juga sudah disematkan chip khusus Hexagon 680 DSP yang mampu mendukung resolusi kamera sampai dengan 24 megapixel dengan fokus cepat, zoom cepat, tanpa mengorbankan kualitas gambar yang ditangkap.

Dan yang terakhir, Snapdragon 636 juga memanjakan para pecinta audio, dimana chip codec Aqstic yang dimilikinya siap memberikan kualitas suara prima dengan PCM 24-bit/192 KHz yang memiliki dynamic range 130 dB dengan THD sangat rendah pada -109 dB.

Snapdragon 636 akan mulai tersedia pada smartphone kelas menengah sekitar bulan November ini. Bagaimana performa riil nya? kita tunggu saja kehadirannya. Semoga harga smartphone yang menggunakan Snapdragon 636 masih masuk dalam kategori wajar.

(sumber: PCPer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s