Pabrik chip Samsung sudah siap dengan proses produksi chip 8nm

Intel belum lagi menelurkan chip dengan proses fabrikasi 10nm, namun Samsung justru sudah mengumumkan bahwa pabriknya sudah siap dengan proses produksi 8nm. Saat ini, Samsung dan TSMC sudah memproduksi chip dengan proses fabrikasi 10nm. Samsung menggandeng Qualcomm sebagai customer utamanya, sementara TSMC menggandeng Apple sebagai customer utamanya. Namun perang proses produksi yang semakin kecil dan efisien ini ternyata jauh dari selesai. Baik pihak Samsung maupun pihak TSMC sama sama sesumbar bahwa mereka sudah siap dengan teknologi berikutnya, Samsung dengan proses 8nm sementara TSMC akan melompat dan fokus pada proses produksi 7nm.

Proses produksi dengan angka yang semakin mengecil ini membuat tingkat kepadatan chip akan semakin tinggi sehingga dengan ukuran yang sama, jumlah transistor yang terintegrasi akan jauh lebih banyak dengan tingkat penggunaan daya yang sama atau bahkan lebih irit.

Lalu bagaimana dengan Intel yang masih terkesan ‘anteng’ dengan proses produksi 14nm++? Intel bersikukuh bahwa kecanggihan proses produksi mereka berbeda dengan para pesaingnya, Intel menyebutkan bahwa chip 14nm nya berada pada tingkat kepadatan yang sama dengan chip 10nm pesaingnya, sedangkan proses produksi 10nm miliknya akan bersaingan dengan proses produksi 8nm ataupun 7nm yang dimiliki pesaingnya. Tidak dipungkiri memang sampai saat ini, Intel lah yang memiliki fasilitas pembuatan chip yang paling canggih di dunia. Namun tetap saja, bagi beberapa client mungkin angka proses produksi yang lebih kecil akan lebih menggiurkan, sama halnya seperti indikator megapixel yang diasumsikan semakin besar semakin baik, padahal itu adalah asumsi yang salah.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s