Tidak mau tertinggal jauh dari Nvidia, Intel segera meluncurkan chip AI, Nervana

Nvidia bisa dibilang  mendapatkan durian runtuh, bagaimana tidak, booming teknologi berbasis kecerdasan buatan yang memerlukan proses perhitungan logis yang masif ternyata dapat diimplementasikan pada platform processor grafis (GPU) yang mampu melakukan perhitungan parallel secara sangat cepat dan efisien. Tidak heran jika kemudian sampai saat ini, Nvidia memegang kendali utama penyedia hardware pemroses untuk aplikasi kecerdasan buatan.

Nah, karena tiadak mau lagi tertinggal terlalu jauh dari Nvidia, Intel sejak beberapa saat lalu banyak melakukan akusisi terhadap perusahaan perusahaan yang memiliki potensi bagus di dunia kecerdasan buatan. Salah satu hasil dari akusisi itu adalah dengan diperkenalkannya teknologi chip yang dibuat khusus untuk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Nama chip tersebut adalah Nervana.

Tidak seperti processor seri Core ataupun Xeon, Nervana adalah sebuah chip yang didisain dengan tugas sangat spesifik, chip seperti ini dinamakan sebagai ASIC (Application Specific Integrated Circuit). Nervana didisain untuk proses training AI dan menjalankan algoritma eksekusi deep learning AI. Chip ini dapat secara efektif dan efisien melakukan perhitungan perkalian matrix dan integral yang memang banyak dilakukan oleh program-program berbasis kecerdasan buatan. Asiknya, beberapa chip ini dapat digabungkan menjadi satu yang membentuk sebuah chip virtual yang berkemampuan berlipat ganda.

Intel lebih lanjut mengatakan bahwa kedepannya, chip Nervana yang akan diluncurkan bukan hanya sebuah chip tunggal, namun terdiri dari beberapa model yang akan disesuaikan dengan kebutuhan client. Nervana juga bukan satu-satunya proyek ambisius Intel untuk menaklukan Nvidia, karena Intel juga sudah melakukan berhasil memproduksi chip Loihi yang cara kerjanya sangat mirip dengan cara kerja otak manusia. Lalu Intel juga sudah memperkenalkan chip Myriad X yang difungsikan khusus untuk implementasi machine vision, dimana ia akan mengenali berbagai macam fitur objek dan belajar untuk mengenali objek-objek baru melalui kecerdasan buatan.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s