Bagaimana kemampuan teknologi kecerdasan buatan dalam membuat foto rekayasa seorang artis?

Hasilnya luar biasa realistis! Lihat saja gambar-gambar di bawah ini — penulis yakin bahwa pembaca akan sangat tercengang dengan hasil rekayasa foto artis yang dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan yang didemonstrasikan oleh Nvidia. Ke-dua orang pada foto di bawah ini bukanlah foto orang yang benar-benar ada, mereka hanyalah ‘imaginasi’ yang dihasilkan oleh teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Nvidia menyebutnya sebagai “Generative Adversarial Networks”, demikian teknologi canggih ini dinamakan. Teknologi ini menggabungkan dua “neural networks” untuk merekayasa foto wajah “artis” berdasarkan database foto-foto artis ternama. Sistem kecerdasan buatan kemudian mulai berkreasi dan membuat “artis” versi mereka sendiri.

Perusahaan-perusahaan besar memang sedang saling berlomba terjun ke dunia kecerdasan buatan, sebut saja Google, Apple, Microsoft, ARM, Intel, Qualcomm, serta Nvidia. Hebatnya, setiap berita baru yang berhubungan dengan teknologi AI ini selalu berhasil membuat kita tercengang, entah itu karena keberhasilan AI mengalahkan manusia dalam bermain game, keberhasilan AI dalam mendiagnosa suatu penyakit, keberhasilan AI dalam “mengendarai” mobil otonom, termasuk keberhasilan AI dalam membuat suatu karya seni. Kecerdasan buatan sepertinya sudah pasti menjadi bagian dari kehidupan masa depan kita. Semoga saja manusia tidak lupa, bahwa sesuatu yang bertujuan mulia pun dapat merusak jika tidak diperhitungkan resiko nya.

(sumber: Cnet dan Nvidia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s