Sesaat lagi, Intel akan meluncurkan CPU yang dilengkapi dengan GPU internal dari AMD!

Intel itu musuh besar AMD. Ya, paling tidak begitu pendapat sebagian besar orang jika melihat sejarah persaingan diantara keduanya. Namun terkadang, pergerakan arah kompetisi membuat segalanya berubah. Di satu sisi, processor generasi ke-8 Intel hadir lebih awal demi mengalahkan euforia munculnya processor terbaru AMD, yaitu Ryzen dan Threadripper, namun di sisi lain, kini Intel justru mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan processor yang juga masuk ke dalam kategori generasi ke-8 yang di dalamnya telah disematkan pemroses grafis (GPU) dari AMD.

Processor dengan GPU AMD terintegrasi ini akan masuk kedalam seri Core H. Asyiknya, processor ini juga akan dilengkapi dengan memori HBM2 secara internal, yang berarti kemampuan GPU memproses data grafis akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan memori eksternal. Performa  memori Intel HBM2 ini dapat disejajarkan dengan memori GDDR5 yang saat ini banyak digunakan pada kartu grafis eksternal.

Saat ini Intel memang belum memberikan informasi detail mengenai performa processor Core H mereka, namun secara garis besar, Intel menyebutkan bahwa Core H akan mampu memenuhi kebutuhan para gamer dan content creators yang banyak bermain games dan aplikasi grafis seperti Photoshop, Lightroom dan lainnya.

Hadirnya processor Core H yang sangat terintegrasi ini memungkinkan para produsen laptop untuk  membuat laptop dengan fitur ekstra yang lebih lengkap, baterai yang lebih besar, atau ukuran yang lebih ringkas dan tipis. Intel Core H akan mulai diproduksi masal pada kuartal pertama tahun 2018 nanti, dan sudah pasti berbagai produsen laptop terkenal sudah mulai tidak sabar untuk mengimplemetasikan Intel Core H ini pada produk produk tercanggih mereka. Bagaimana response Nvidia atas kerjasama Intel-AMD ini?

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s